Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sd Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar

ANUGRAH WIDI SAPUTRI (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sd Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

[img] Text
2. artikel anugrah widi saputri .pdf

Download (821kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar, untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa IPA kelas IV setelah pelaksanaan model Problem Based Learning dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa IPA Kelas IV. Variabel yang diteliti yaitu terdiri dari Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Hasil Belajar IPA siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian eksperimen dengan desain Quasi Experiment Methode. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Tidung dengan jumlah 40 orang dan sampel yang digunakan sebanyak 36 siswa kelas IV SD Negeri Tidung. Menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu, pemberian tes yang berupa pretest dan posttes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) Gambaran pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning siswa IPA kelas IV di SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar berada pada kategori sangat baik dilihat dari meningkatnya hasil belajar siswa pada pertemuan kedua berdasarkan lembar keterlaksanaan model PBL. (2) Gambaran hasil belajar siswa IPA kelas IV SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar berada pada kategori baik, karena hasil belajar siswa yang meningkat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa di setiap tes. 3. Terdapat pengaruh yang signifikan pada pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa IV SD Negeri tidung kecamatan rapppocini kota Makassar karena pembelajaran yang dikemas melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran. Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar, IPA

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Nov 2023 08:11
Last Modified: 03 Nov 2023 08:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34528

Actions (login required)

View Item View Item