Irmayanti (2023) PENERAPAN METODE BELAJAR DELIBERATE PRACTICE UNTUK MENINGKATKAN ETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS III UPT SDN 44 DUAMPANUA KAB.PINRANG.
Text
ARTIKEL IRMAYANTI....pdf Download (197kB) |
Abstract
Penerapan Metode Belajar Deliberate Practice Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III UPT SDN 44 Duampanua Kabupaten Pinrang. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan membaca pemahaman Bahasa Indonesia siswa di kelas III UPT SDN 44 Duampanua Kabupaten Pinrang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode belajar Deliberate Practice dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman Bahasa Indonesia siswa kelas III UPT SDN 44 Duampanua Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus, yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman Bahasa Indonesia dan metode belajar Deliberate Practice. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III UPT SDN 44 Duampanua Kabupaten Pinrang. Pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 25 orang siswa, yang terdiri dari 14 laki-laki dan 11 perempuan. Teknik pengumpulan data observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu 1) mereduksi data, 2) penyajian data, dan 3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dianalisis, menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan setiap siklusnya. Hasil tes siklus I dengan Kualifikasi cukup dan mengalami peningkatan di siklus II dengan kualifikasi sangat baik. Dengan demikian hasil analisis data disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Deliberate Practice dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas III UPT SDN 44 Duampanua Kabupaten Pinrang. Kata Kunci: Latihan Keterampilan, Keterampilan Membaca, Bahasa Indonesia
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 03 Nov 2023 08:05 |
Last Modified: | 03 Nov 2023 08:05 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34527 |
Actions (login required)
View Item |