Implementasi Program Adiwiyata Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Guru dan Siswa di UPT SPF SDN Minasaupa

FIDDIYAH MAULIDINA WINATA (2023) Implementasi Program Adiwiyata Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Guru dan Siswa di UPT SPF SDN Minasaupa.

[img] Text
Artikel_Fiddiyah Maulidina Winata.pdf

Download (305kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah yang telah disepakati yakni : 1) Bagaimana Implementasi Program Adiwiyata di UPT SPF SDN Minasaupa, 2) Bagaimana Benntuk-bentuk Sikap Peduli Lingkungan Guru dan Siswa di UPT SPF SDN Minasaupa, 3) Apa saja hambatan-hambatan dalam Implementasi indikator-indikator Program Adiwiyata di UPT SPF SDN Minasaupa. Jenis Penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif, dan diuraikan dalam bentuk deskriptif atau mendeskripsikan hasil penelitian. Teknik pengumpulan data yag digunakan pada penelitian ini yakni Teknik Observasi, Teknik Wawancara, dan Teknik dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada pennelitian ini yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini berfokus pada Bentuk sikap peduli lingkungan guru dan siswa di UPT SPF SDN Minasaupa dengan melihat beberapa Indikator-indikator dari Implementasi Program Adiwiyata, setelah melihat dari indikator program adiwiyata. Peneliti melakukan observasi lapangan untuk melihat bentuk-bentuk kegiatan sikap peduli lingkungan yang dilaksanakan di UPT SPF SDN Minasaupa. Subjek pada penelitian ini adalah Guru dan Siswa di UPT SPF SDN Minasaupa. Berdasarkan hasil penelitian yang di deskripsikan, diperoleh adanya kegiatan-kegiatan Implementasi Program Adiwiyata dan juga kegiatan dalam membentuk Sikap peduli lingkungan pada Guru dan Siswa di UPT SPF SDN Minasaupa. Indikator Program Adiwiyata yang termasuk yakni adanya Kebijakan sekolah peduli & berbudaya lingkungan ,Kurikulum berbasis Lingkungan, Kegiatan berbasis Partisipatif, dan Pengelolaan sarana pendukung sekolah. Pelaksanaan kegiatan rutin dalam bentuk sikap peduli lingkungan seperti, pengelolaan sampah kertas, kegiatan kampanye publikasi lingkungan, membawa bekal dari rumah untuk mengurangi sampah plastic, pembentukan kader adiwiyata untuk mendorong semngat peduli lingkungan siswa, penanaman pohon serta pemeliharaan tanaman, dan kegiatan sabtu bersih di UPT SPF SDN Minasaupa. Dengan demikian disimpulka bahwa Implementasi Program Adiwiyata secara efektif meningkatkan sikap peduli lingkungan Guru dan siswa di UPT SPF SDN Minasaupa. Kata Kunci: Program Adiwiyata, Sikap Peduli LIngkungan

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Nov 2023 07:33
Last Modified: 03 Nov 2023 07:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34526

Actions (login required)

View Item View Item