PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN IPS PADA MATERI BUDAYA INDONESIA KELAS IV DI SD NEGERI 3 AMPARITA

FENY MELINDA AMRI (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN IPS PADA MATERI BUDAYA INDONESIA KELAS IV DI SD NEGERI 3 AMPARITA.

[img] Text
JURNAL FENY MELINDA AMRI (2).docx

Download (613kB)

Abstract

Pengembangan E-modul pembelajaran ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang dialami oleh siswa-siswi kelas 4 di SD Negeri 3 Amparita dimana siswa tidak mendapatkan pembagian modul yang merata sehingga ada beberapa siswa yang tertinggal dalam proses pembelajaran dan kurang memahami materi yang diajarkan, selain itu siswa juga merasa cepat bosan dengan penggunaan modul pembelajaran konvensional atau modul cetak karena pembelajaran yang diberikan tidak interaktif. Maka dari itu, perlu adanya inovasi bahan ajar yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran contohnya pengembangan E-modul pembelajaran untuk menciptakan pembelajaran yang interaktif bagi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) menggunakan model ADDIE yang memiliki 5 tahap meliputi: a) Analaysis, b) Design, c) Development, d) Implementation, e) Evaluation. Instrumen penelitian ini menggunakan angket yang ditujukan kepada ahli materi dan ahli media untuk menilai kevalidan produk, serta ditujukan kepada siswa dan guru untuk menilai kelayakan produk. Hasil validasi ahli media diperoleh skor secara keseluruhan sebanyak 27 dengan presentase 75% dengan kriteria Valid. Hasil validasi materi diperoleh skor secara keseluruhan sebanyak 39 dengan presentase 75% dengan kriteria valid. Hasil penilaian guru kelas IV SD Negeri 3 Amparita diperoleh skor secara keseluruhan sebanyak 34 dengan presentase 94% dengan kriteria sangat valid. Hasil penilaian siswa kelas IV SD Negeri 3 Amparita diperoleh skor secara keseluruhan sebanyak 938 dengan presentase 87% dengan kriteria sangat valid. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar E-modul pembelajaran IPS berbasis Flip PDF Professional pada materi budaya Indonesia kelas IV teruji kevalidannya.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Nov 2023 07:25
Last Modified: 03 Nov 2023 07:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34525

Actions (login required)

View Item View Item