PENERAPAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V B SDN 53 MAKKARAENG KABUPATEN MAROS

NUR ALIAH (2023) PENERAPAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V B SDN 53 MAKKARAENG KABUPATEN MAROS.

[img] Text
JURNAL Nur aliah.docx

Download (53kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang diantaranya melihat penerapan problem based learning (PBL)untuk meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas V B SDN 53 Makkaraeng Kabupaten Maros. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model PBL untuk meningkatkan motivasi belajar IPA kelas V B SDN 53 Makkaraeng Kabupaten Maros. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari 4 kegiatan utama yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Fokus penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V B. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V B SDN 53 Makkaraeng Kabupaten Maros. Pada semester ganjil tahun 2022/2023 yang berjumlah 27 orang. Pengumpulan data menggunakan format angket motivasi belajar dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran baik dari aktivitas guru dan siswa di dalam kemandirian dan hasil dari angket motivasi belajar. Siswa memiliki sikap kemandirian dan hasil dari angket motivasi belajar yang meningkat setelah melakukan pembelajaran menggunakan PBL pada siswa kelas V B SDN 53 Makkaraeng Kabupaten Maros. Kata Kunci: PBL, Motivasi Belajar IPA

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Nov 2023 07:12
Last Modified: 03 Nov 2023 07:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34523

Actions (login required)

View Item View Item