PENERAPAN INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION (STUDI KASUS PADA SPNF SKB GOWA)

ANDI ARSI (2023) PENERAPAN INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION (STUDI KASUS PADA SPNF SKB GOWA).

[img] Text
JURNAL ARSI 17 Oktober.pdf

Download (544kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan integrated marketing communication (IMC) pada lembaga SPNF SKB Gowa. Penlitian ini mengambil studi kasus pada lembaga SPNF SKB Gowa yang dimana sebagai salah satu lembaga pendidikan yang melayani pemenuhan pendidikan bagi masyarakat melalui pendidikan nonformal. Sehingga peneliti ingin mengetahui bagaimana cara lembaga SPNF SKB Gowa menggunakan IMC sebagai strategi komunikasi untuk memperkenalkan program-program pendidikan nonformal yang ada dilembaga kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini sebanyak 4 orang narasumber yang dipilih secara purposive sampling dan bersifat snowball sampling. Sementara lokasi penelitian mengambil tempat dilembaga SPNF SKB Gowa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumnetasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembaga SPNF SKB Gowa menggunakan IMC sebagai staretgi komunikasi pemasaran yaitu advertising, sales promotion, direct marketing, dan public relation. Dalam penerapannya lembaga memiliki faktor pendukung dalam penerapan IMC berupa fasilitas lembaga seperti koneksi internet, komputer dan SDM yang memadai kemudian ada pula faktor penghambat dalam penerapan IMC ini berupa kurangnya sumberdaya manusia terlatih terkait penggunaan teknologi. Kata Kunci : Integrated Marketing Communication, Pendidikan Nonformal.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Nov 2023 06:21
Last Modified: 03 Nov 2023 06:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34516

Actions (login required)

View Item View Item