PERENCANAAN BERBASIS DATA PADA PELAKSANAAN PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK DI UPT SMPN 9 BINAMU KABUPATEN JENEPONTO

YUSRI IMZA MAHENDRA (2023) PERENCANAAN BERBASIS DATA PADA PELAKSANAAN PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK DI UPT SMPN 9 BINAMU KABUPATEN JENEPONTO.

[img] Text
ARTIKEL_YUSRI IMZA MAHENDRA_1943042016.pdf

Download (241kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang perencanaan berbasis data pada pelaksanaan program sekolah penggerak di UPT SMPN 9 Binamu Kabupaten Jeneponto. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan berbasis data pada pelaksanaan program sekolah penggerak serta mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat perencanaan berbasis data pada pelaksanaan program sekolah penggerak di UPT SMPN 9 Binamu Kabupaten Jeneponto. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di UPT SMPN 9 Binamu Kabupaten Jeneponto. Sumber data penelitian ini kepala sekolah, wakasek bidang kurikulum, dan guru. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program sekolah penggerak di UPT SMPN 9 Binamu Kabupaten Jeneponto pada program perencanaan berbasis data diantaranya : 1) identifikasi masalah, pengumpulan data dan identifikasi permasalahan yang dihadapi oleh sekolah melalui indikator prioritas yang ada dalam rapor pendidikan berdasarkan hasil dari asesmen nasional. 2) refleksi, sekolah mengidentifikasi keberhasilan dan kekurangan terhadap permasalahan yang telah diidentifikasi, termasuk evaluasi spesifik permasalahan, mencari pola dan tendensi, dan menemukan akar masalah atau kesenjangan. 3) benahi, sekolah melakukan pengambilan tindakan perbaikan berdasarkan hasil analisis dan refleksi, termasuk menyusun rencana perbaikan atau program yang akan dijalankan untuk mengatasi akar permasalahan. 4) kegiatan, sekolah akan melaksanakan berbagai kegiatan yang mendukung pencapaian tujuan program. Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program sekolah penggerak di UPT SMPN 9 Binamu Kabupaten Jeneponto pada program perencanaan berbasis data memiliki faktor pendukung diantaranya dukungan penuh dari kepala sekolah dan manajemen sumber daya manusia sekolah, serta kecakapan IPTEK. Sedangkan faktor penghambat diantaranya keterbatasan sarana dan prasarna sekolah untuk melaksankan program. Kata Kunci: Perencanaaan Berbasis Data, Program Sekolah Penggerak

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Nov 2023 03:21
Last Modified: 02 Nov 2023 03:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34506

Actions (login required)

View Item View Item