STRATEGI SEKOLAH DALAM MENGELOLA KONFLIK DI SMP NEGERI 1 SENDANA KABUPATEN MAJENE

ERNANDHA ERWIN (2023) STRATEGI SEKOLAH DALAM MENGELOLA KONFLIK DI SMP NEGERI 1 SENDANA KABUPATEN MAJENE.

[img] Text
Artikel_Ernandha Erwin.pdf

Download (682kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi sekolah dalam mengelola konflik. Pendekatan penilitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakasek kesiswaan, guru BK, wali kelas. Teknik pengumpulan data melalui tahap wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dengan teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian tentang strategi sekolah dalam mengelola konflik di SMP Negeri 1 Sendana Kabupaten Majene maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada 3 strategi yang dapat digunakan dalam mengelola konflik interpersonal diantaranya : (1) Strategi kalah-kalah, bahwa sekolah menerapkan strategi lose-lose solution dalam pengelolaannya yaitu individu yang bertikai mengambil jalan tengah, yang dimana diselesaikan oleh kepala sekolah pihak ketiga dengan menggunakan mediasi. (2) Strategi menang-kalah (win-lose solution) bahwa Strategi Sekolah Dalam Mengelola (Ernandha Erwin) | 2sekolah tidak menerapkan strategi win-lose solution dalam pengeloaannya. Sebab strategi tersebut dapat menimbulkan konflik berkepanjangan. (3) Strategi menang-menang (win-win solution) berdasarkan hasil temuan peneliti bahwa sekolah menerapkan win�win solution pada pengelolaan konflik. Namun terkait konflikperundungan antar siswa melalui sosial media tidak menggunakan strategi tersebut

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Nov 2023 03:13
Last Modified: 02 Nov 2023 03:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34505

Actions (login required)

View Item View Item