EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN PROGRAM MAHASISWA OUTBOUND UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR PADA PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA DALAM NEGERI (PMM-DN) MENGGUNAKAN MODEL EVALUASI ILUMINATIF

NURFADHLIAH AWALIYAH (2023) EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN PROGRAM MAHASISWA OUTBOUND UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR PADA PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA DALAM NEGERI (PMM-DN) MENGGUNAKAN MODEL EVALUASI ILUMINATIF.

[img] Text
ARTIKEL NURFADHLIAH AWALIYAH.pdf

Download (135kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran mahasiswa outbound Universitas Negeri Makassar pada PMM-DN, Kendala yang dialami mahasiswa outbound Universitas Negeri Makassar pada PMM-DN dan strategi yang bisa dilakukan dalam mengatasi kendala yang dialami mahasiswa outbound Universitas Negeri Makassar pada PMM-DN. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran mahasiswa outbound Universitas Negeri Makassar pada PMM-DN, kendala yang dihadapi serta strategi yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Ketua MBKM UNM, PIC PMM-DN UNM dan 8 Mahasiswa outbound Universitas Negeri Makassar yang telah mengikuti Program PMM-DN Angkatan 1. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, Angket, wawancara dan dokumentasi, dengan prosedur penelitian menggunakan evaluasi iluminatif melalui tiga tahapan yaitu Tahap Observasi, Tahap Inkuiri Lanjutan dan tahap Penjelasan. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelaksanaan PMM-DN Angkatan 1 dilaksanakan secara online dan offline di beberapa kampus dengan proses pembelajaran yang berlangsung dengan baik yang mencakup tiga kegiatan yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir pembelajaran dengan beberapa kendala yang dialami yaitu pelaksanaan PMM-DN secara online di beberapa PT Penerima mengakibatkan mahasiswa tidak bisa merasakan secara langsung proses pembelajaran dan suasana kampus, keuangan yang telat dicairkan, dan rekognisi nilai yang tidak jelas. Sehingga strategi yang bisa dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut dengan memahami kebijakan dan prosedur PMDN dengan baik, persiapan program secara matang dan evaluasi secara mendalam terhadap program PMM-DN. Kata Kunci: Evaluasi Pembelajaran, PMM-DN, Evaluasi Iluminatif.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Nov 2023 02:11
Last Modified: 02 Nov 2023 02:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34500

Actions (login required)

View Item View Item