PENGARUH KECAKAPAN DIGITAL SISWA SMP NEGERI 1 BATANG KABUPATEN JENEPONTO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Annisa Nurdin (2023) PENGARUH KECAKAPAN DIGITAL SISWA SMP NEGERI 1 BATANG KABUPATEN JENEPONTO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA.

[img] Text
Artikel Annisa Nurdin.pdf

Download (199kB)

Abstract

Siswa memiliki smartphone dan mampu menggunakan setiap aplikasi yang dimiliki dalam smartphonenya seperti aplikasi komunikasi, game online, social media dan sejenisnya. Tujuan penelitian ini yaitu mengukur kemampuan atau kecakapan digital yang dimiliki oleh siswa dan bagaimana siswa menggunakannya, memperlihatkan gambaran pelaksanaan proses pembelajaran yang melibatkan kemampuan atau kecakapan digital siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia serta mengetahui apakah terdapat pengaruh kecakapan digital siswa SMP Negeri 1 Batang Kabupaten Jeneponto terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri kuantitatif dengan jenis penelitian yang menggunakan jenis eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan metode yang hanya menggunakan satu kelompok perlakuan dan tidak menggunakan kelompok kontrol. Sampel dari penelitian ini yaitu siswa yang berjumlah 25 dari kelas VIII. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket, tes (tugas) dan dokumentasi sebagai pendukung dalam penelitian ini. Angket terdiri dari preteset yang diberikan sebelum pelaksanaan proses pembelalajaran dan posttest diberikan setelah pelaksanaan proses pembelalajaran sedangkan tes terdiri dari tugas yang berisikan materi teks berita dan teks puisi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t-test. Berdasarkan hasil analisis data dan uji t-test maka diperoleh nilai rata-rata kemampuan dan hasil belajar siswa setelah pelaksanaan proses pembelajaran yang melibatkan kecakapan digital siswa lebih tinggi dibanding sebelum pelaksanaan proses pembelajaran yang melibatkan kecakapan digital siswa. Seluruh siswa melibatkan kecakapan digital dengan menggunakan beberapa cara penggunaan mesin pencari dan sosial media dalam menyelesaikan tugas dengan materi teks berita dan teks cerita. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kecakapan digital siswa SMP Negeri 1 Batang Kabupaten Jeneponto terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Kata Kunci: Kecakapan digital, Hasil Belajar, Siswa, Bahasa Indonesia

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Nov 2023 01:56
Last Modified: 02 Nov 2023 01:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34499

Actions (login required)

View Item View Item