engaruh Model Pembelajaran terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika (Penelitian Eksperimen Semu Pada SMP Negeri di Kabupaten Bone)

A.Tenritte, A.Tenritte (2016) engaruh Model Pembelajaran terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika (Penelitian Eksperimen Semu Pada SMP Negeri di Kabupaten Bone). S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
BAB I.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (23kB)

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yaitu perlakuan diberikan untuk menentukan pengaruhnya pada variable terikat, tetapi variabel-variabel lain yang berpengaruh tidak dapat dikontrol dengan ketat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMPN 3 Kahu pada pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning, (2) gambaran kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Patimpeng pada pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, (3) apakah kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMPN di Kabupaten Bone yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning lebih baik jika dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN di Kabupaten Bone pada semester genap Tahun Ajaran 2015/2016 dan dipilih 2 kelas secara cluster random sampling sebagai sampel penelitian. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa (1) hasil kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMPN 3 Kahu setelah diterapkan model pembelajaran discovery learning mempunyai skor rata-rata 78,4222 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 13,19387 dan berada pada skor standar C yaitu kategori sedang, (2) hasil kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Patimpeng setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD mempunyai skor rata-rata 71,0464 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 13,67269 dan berada pada skor standar C yaitu kategori sedang. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa hasil kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMPN di Kabupaten Bone yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning lebih baik jika dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Kata kunci: Pengaruh, Model Discovery Learning, Model Kooperatif Tipe STAD, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Oct 2017 03:20
Last Modified: 30 Oct 2017 03:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3448

Actions (login required)

View Item View Item