LIAMAULANA ARSAD, RIZKY (2023) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TARI BALUMPA BAGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 BAUBAU. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.
Text
JURNAL RIZKY LIAMAULANA ARSAD (1) - Rizky Liamaulana Arsad.pdf Download (920kB) |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk menjawab permasalahan mengenai tari Balumpa, dengan 2 (dua) rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimana media pembelajaran tari balumpa yang dibutuhkan oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Baubau, 2) Bagaimana media pembelajaran tari balumpa yang valid bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Baubau. Metode yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) yaitu dengan menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, studi pustaka, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Media pembelajaran Tari Balumpa yang dibutuhkan bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Baubau dengan melakukan wawancara kepada guru seni budaya dengan meliputi data yaitu aspek kurikulum, materi, strategi, dan kendala yang selama ini terjadi ketidaktersediaan video yang dapat mempermudah proses pembelajaran siswa, memicu peningkatan minat dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Seni Budaya. (2) Media pembelajaran Tari Balumpa telah di validasi oleh ahli materi dan ahli media. Media tersebut memenuhi kriteria kualitas dengan menghasilkan kategori Layak. Hasil validasi dari media pembelajaran Tari Balumpa oleh dosen ahli materi mendapatkan persentase sebesar 95% atau termasuk dalam kategori Layak dan dosen ahli media mendapatkan persentase sebesar 85,71% atau termasuk dalam kategori Layak. Kata kunci : Perancangan, Media Pembelajaran , Tari Balumpa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik |
Divisions: | FAKULTAS SENI DAN DESAIN |
Depositing User: | Pustaka FSD yayu |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 06:44 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 06:44 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34473 |
Actions (login required)
View Item |