PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MURID KELAS V SDN NO. 31 LAU KABUPATEN TAKALAR

MIRWANA (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MURID KELAS V SDN NO. 31 LAU KABUPATEN TAKALAR.

[img] Text
sampul-KU.docx

Download (59kB)
[img] Text
SKRIPSI LENGKAP.docx

Download (1MB)

Abstract

Mirwana. 2011. Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together (NHT) pada Murid Kelas V SDN No. 31 Lau Kabupaten Takalar. Skripsi. Dibimbing oleh: Dra. Hj. Yaba, M.Pd. dan Dra. Hj. Syamsiah D., S.Pd., M.Pd. Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS melalui penerapan pembelajaran Cooperative learning dengan tipe Numbered Heads Together pada murid kelas V SDN No. 31 Lau Kabupaten Takalar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research. Subjek penelitian ini adalah murid kelas V SDN No. 31 Lau semester genap tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah murid sebanyak 40 orang terdiri atas 22 orang murid laki – laki dan 18 orang murid perempuan. Penelitian ini berfokus pada tingkat keberhasilan murid yang diperoleh setelah penerapan metode penerapan cooperative learning type numered heads together (NHT). Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah apabila terdapat 85% murid yang mendapat hasil belajar IPS di atas nilai 70 sebagai angka kriteria ketuntasan minimal setelah menggunakan metode CooperativeLearning tipe Numbered Heads Together (NHT). Adapun masalah yang diteliti adalah penerapan model Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar IPS murid kelas V SDN No. 31 Lau Kabupaten Takalar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui penerapan pembelajaran Cooperative learning dengan tipe Numbered Heads Together pada murid kelas V SDN No. 31 Lau Kabupaten Takalar. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang berbasis eksperimen yang melibatkan kegiatan berulang yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan Refleksi. Kemampuan murid dalam berinteraksi dengan murid yang lain menunjukkan perubahan yang signifikan. Motivasi murid dalam mengikuti pelajaran menunjukkan hasil berbeda dari sebelumnya dengan diterapkan model pembelajaran Cooperative Learning Type NHT menujukkan presti yang lebih tinggi.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 Oct 2023 07:09
Last Modified: 26 Oct 2023 07:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34462

Actions (login required)

View Item View Item