PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI STRATEGI SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) PADA MURID KELAS V SDN KIP BARA-BARAYA II KOTA MAKASSAR

HEZRON (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI STRATEGI SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) PADA MURID KELAS V SDN KIP BARA-BARAYA II KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Sampul 2011.doc

Download (214kB)
[img] Text
Skripsi 2011.docx

Download (485kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (65kB)

Abstract

HEZRON, 2011. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Strategi SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) pada Murid Kelas V SDN KIP Bara-Baraya II Kota Makassar. Skripsi, Pembimbing (I) Dra. Hj. Ratna Kasim, M.Ed dan Pembimbing (II) Ahmad Syawaluddin, S.Kom. M.Pd, Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah penelitian ini apakah dengan menggunakan strategi SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman melalui strategi SQ3R pada murid kelas V SDN KIP Bara-Baraya II Kota Makassar. Setting penelitian ini dilakukan di SDN KIP Bara-Baraya II Kota Makassar. Subjek penelitian ini adalah murid kelas V SDN KIP Bara-Baraya II Kota Makassar tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 24 murid. Teknik analis data dibagi menjadi 2 dimana analisis data hasil observasi dianalisis secara kualitatif dan analisis data hasil tes dianalisis secara kuantitatif. Hasil observasi aktivitas murid pada siklus 1 dapat dinyatakan dalam kategori kurang baik sedangkan hasil observasi siklus 2 dinyatakan baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) sangat berpengaruh pada peningkatan kemampuan membaca pemahaman murid kelas V SDN KIP Bara-Baraya II Kota Makassar dengan skor rata-rata pada Siklus I masuk pada kategori kurang dan pada siklus II masuk pada kategori baik. Berdasarkan hasil aktivitas belajar murid setelah menerapkan strategi SQ3R mengalami peningkatan, hal ini menunjukkan ketercapaian beberapa aspek dengan melihat frekuensi murid yang aktif dalam setiap aspek. Hal tersebut ditunjukkan dengan melihat masing-masing indikator yang ada pada tiap-tiap unsur SQ3R yang menunjukkan peningkatan secara signifikan. Kesimpulan, dengan peningkatan kemampuan membaca pemahaman tersebut berarti strategi SQ3R terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman murid kelas V SDN KIP Bara-Baraya II Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Oct 2023 01:42
Last Modified: 25 Oct 2023 01:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34447

Actions (login required)

View Item View Item