PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MURID KELAS IV SD INPRES KASSILOE KABUPATEN BANTAENG

JAMALUDDIN (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MURID KELAS IV SD INPRES KASSILOE KABUPATEN BANTAENG.

[img] Text
JAMALUDDIN-AWAL.doc

Download (150kB)
[img] Text
JAMALUDDIN-STAD IPS IV I.doc

Download (847kB)

Abstract

Jamaluddin. 2011. Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada Murid Kelas IV SD Inpres Kassiloe Kabupaten Bantaeng. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Johara Nonci, M.Si. dan Drs. H. Muh. Nur Mustakim, M.Pd. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah penelitian adalah rendahnya hasil belajar IPS murid di kelas IV SD Inpres Kassiloe Kabupaten Bantaeng. Rumusan masalah penelitian yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada murid kelas IV SD Inpres Kassiloe Kabupaten Bantaeng. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahi peningkatan hasil belajar IPS melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada murid kelas IV SD Inpres Kassiloe Kabupaten Bantaeng. Pendekatan penelitian adalah kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas model siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian adalah pembelajaran kooperatif tipe STAD dan hasil belajar. Subjek penelitian adalah guru dan murid kelas IV 20 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPS melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada murid kelas IV SD Inpres Kassiloe Kabupaten Bantaeng pada siklus pertama dalam kategori cukup, kemudian siklus kedua menjadi kategori baik. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPS murid di kelas IV SD Inpres Kassiloe Kabupaten Bantaeng.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Oct 2023 03:00
Last Modified: 23 Oct 2023 03:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34432

Actions (login required)

View Item View Item