PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS IV SDN 040 LOKO KABUPATEN MAMASA

Roynaldes. (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS IV SDN 040 LOKO KABUPATEN MAMASA.

[img] Text
SAmpuL.docx

Download (26kB)
[img] Text
Halaman depan.docx

Download (38kB)
[img] Text
DAftar ISI.docx

Download (20kB)
[img] Text
Think Pair Share xtra.doc

Download (312kB)
[img] Text
Lampiran 1-26 data.docx

Download (267kB)
[img] Text
lampiran 27-28 foto dan persuratan.docx

Download (2MB)
[img] Text
Riwayat hidup.docx

Download (32kB)

Abstract

Roynaldes. 2012. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Siswa Kelas IV SDN 040 Loko Kabupaten Mamasa. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. St. Djohara Nonci, M.Si sebagai Pembimbing I dan Drs. Muh. Faisal, M.Pd sebagai Pembimbing II, pada Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 040 Loko Kabupaten Mamasa. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah Pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 040 Loko Kabupaten Mamasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Siswa melalui Pembelajaran Think Pair Share pada siswa kelas IV di SDN 040 Loko Kabupaten Mamasa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 040 Loko Kabupaten Mamasa, sebanyak dua puluh orang siswa yang terdiri dari delapan orang laki-laki dan dua belas orang perempuan. Fokus penelitian adalah hasil belajar dan pembelajaran Think Pair Share. Teknik pengumpulan data yaitu tes, dokumentasi dan observasi. Sumber data yang dikumpulkan terdiri dari data awal nilai ulangan harian siswa kelas IV SDN 040 Loko Kabupaten Mamasa semester ganjil Tahun Ajaran 2011/2012, hasil observasi guru dan siswa dalam pelaksanakan pembelajaran dengan menggunakan Pembelajaran Think Pair Share, dan nilai hasil tes pada setiap siklus penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data yang dikembangkan oleh Milles dan Huberman, yaitu mereduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA pada siswa di kelas IV setelah digunakan Pembelajaran Think Pair Share, yaitu pada siklus I ketuntasan hasil belajar telah mencapai kategori cukup kemudian pada siklus II ketuntasan hasil belajar mencapai kategori baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan Pembelajaran Think Pair Share hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 040 Loko Kabupaten Mamasa dapat ditingkatkan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Oct 2023 02:42
Last Modified: 23 Oct 2023 02:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34431

Actions (login required)

View Item View Item