PENINGKATAN HASIL BELAJAR MURID DALAM MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DI KELAS V SDN 67 GANTARANG KECAMATAN KELARA KABUPATEN JENEPONTO

E R N I S A (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MURID DALAM MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DI KELAS V SDN 67 GANTARANG KECAMATAN KELARA KABUPATEN JENEPONTO.

[img] Text
ERNISA-AWAL.doc

Download (114kB)
[img] Text
ERNISA-KOOPERATIF NHT IPA V I.doc

Download (706kB)

Abstract

Ernisa. 2011. Peningkatan Hasil Belajar Murid dalam Mata Pelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) di Kelas V SDN 67 Gantarang Kecamatan Kelara Kabupaten Jeneponto. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Patta Bundu, M.Ed. dan Ahmad Syawaluddin, S.Kom., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah penelitian adalah rendahnya hasil belajar IPA murid di kelas V SDN 67 Gantarang Kecamatan Kelara Kabupaten Jeneponto. Rumusan masalah penelitian adalah bagaimana hasil belajar murid dalam mata pelajaran IPA dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT di kelas V SDN 67 Gantarang Kecamatan Kelara Kabupaten Jeneponto. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar murid dalam mata pelajaran IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT di kelas V SDN 67 Gantarang Kecamatan Kelara Kabupaten Jeneponto. Pendekatan penelitian adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas model siklus. Subjek penelitian adalah guru kelas V sebanyak 1 orang, dan murid sebanyak 25 orang terdiri dari 13 laki-laki dan 12 perempuan. Data dikumpulkan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian yaitu hasil belajar murid dalam mata pelajaran IPA di kelas V SDN 67 Gantarang Kecamatan Kelara Kabupaten Jeneponto pada siklus pertama dalam kategori cukup dan belum memenuhi ketuntasan belajar yang diharapkan, kemudian meningkat menjadi kategori baik pada siklus kedua dan telah memenuhi ketuntasan belajar yang diharapkan. Kesimpulan penelitian adalah hasil belajar murid dalam mata pelajaran IPAdapat meningkat melalui model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) di kelas V SDN 67 Gantarang Kecamatan Kelara Kabupaten Jeneponto.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Oct 2023 01:51
Last Modified: 23 Oct 2023 01:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34427

Actions (login required)

View Item View Item