PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS VI SD INPRES JONGAYA II KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR

Hj. Naslia (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS VI SD INPRES JONGAYA II KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Sampul Lengkap Hj. Naslia.rtf

Download (712kB)
[img] Text
Bab I Hj.Naslia.doc

Download (52kB)
[img] Text
Bab II Hj.Naslia.doc

Download (130kB)
[img] Text
RPP dan Lampiran Hj. Nasliah.doc

Download (14MB)

Abstract

Hj. Naslia. 2012. Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Pendekatan Kontekstual Siswa Kelas VI SD Inpres Jongaya II Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Muslimin, M.Ed. pembimbing I dan Nurhaedah, S.Pd.,M.Pd., pembimbing II. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini rendahnya hasil belajar siswa dengan rumusan masalah adalah bagaimana penerapan pendekatan kontekstual dan apakah pendekatan tersebut dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VI SD Inpres Jongaya II Kecamatan Tamalate Kota Makassar Tahun Pelajaran 2011/2012? Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan proses penerapan pendekatan kontekstual dan peningkatan hasil belajar matematika pada siswa kelas VI SD Inpres Jongaya II Kecamatan Tamalate Kota Makassar Tahun Pelajaran 2011/2012. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini adalah 1) proses pembelajaran, yaitu melihat bagaimana aktivitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran dengan menerapkan pendekatan kontekstual, dan (2) Faktor hasil, yaitu akan diselidiki hasil belajar matematika siswa melalui tes yang dilaksanakan pada siklus I dan II. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VI SD Inpres Jongaya II Makassar tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 19 siswa, 11 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar dan dokumentasi Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dalam pelaksanaannya, terdapat kendala yang dihadapi pada siklus I misalnya guru kurang dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, aktivitas siswa kurang, dan masih kurangnya ketuntasan belajar siswa. Namun kondisi tersebut mengalami perubahan pada siklus II, di mana siswa telah mampu belajar dari teman sekelompoknya, guru sangat memberikan pengaruh terhadap penyelesaian soal tersebut sehingga siswa mampu mengambil sebuah keputusan yang tepat, dan perhatian guru terhadap hasil belajar siswa yang rendah melalui bimbingan langsung atau mendampingi siswa saat pembelajaran. Selanjutnya hasil belajar matematika siswa kelas VI SD Inpres Jongaya II Makassar meningkat dari kategori cukup dalam skala deskriptif pada siklus I meningkat menjadi kategori baik sekali pada siklus II. Hasil penelitian tersebut memberikan kesimpulan bahwa penerapan pendekatan kontekstual terbukti dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VI SD Inpres Jongaya II Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Oct 2023 06:54
Last Modified: 20 Oct 2023 06:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34414

Actions (login required)

View Item View Item