MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASA PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BILANGAN MELALUI MEDIA BENDA KONKRET PADA MURID KELAS II SD INPRES PAI I KECAMATAN BIRINGKANAYA KOTA MAKASSAR

HJ. NUNUK PURWANING RAHAYU (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASA PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BILANGAN MELALUI MEDIA BENDA KONKRET PADA MURID KELAS II SD INPRES PAI I KECAMATAN BIRINGKANAYA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Sampul Lengkap Hj. Nunuk.rtf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I Hj. Nunuk.doc

Download (56kB)
[img] Text
Bab II Hj. Nunuk.doc

Download (114kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Hj. Nunuk.doc

Download (40kB)
[img] Text
Riwayat Hidup Hj. Nunuk.docx

Download (42kB)

Abstract

Hj. Nunuk Purwaning Rahayu, 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Perkalian dan Pembagian Bilangan melalui Media Benda Konkret pada Murid Kelas II SD Inpres PAI I Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Lutfi B. M.Kes., dan Dr. Hasaruddin Hafid, M.Ed. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan penggunaan Media Benda Konkret, dapat meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan perkalian dan pembagian bilangan pada murid kelas II SD Inpres PAI I Kecamatan Biringkanaya Makassar? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika pokok bahasan perkalian dan pembagian bilangan pada murid kelas II SD Inpres PAI I Kecamatan Biringkanaya Makassar melalui penggunaan Media Benda Konkret. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini adalah penerapan pembelajaran dengan menggunakan Media Benda Konkret dan hasil belajar matematika murid pokok bahasan perkalian dan pembagian. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres PAI I Kecamatan Biringkanaya Makassar dengan subjek penelitian adalah guru dan murid kelas II sebanyak 30 orang terdiri dari 17 laki-laki dan 13 perempuan Pelaksanaan tindakan yang dilakukan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan tes. Observasi untuk menjaring data aktivitas murid dan tindakan guru dalam proses pembelajaran sedangkan tes untuk menjaring hasil belajar murid. Hasil penelitian setelah dievaluasi dan dianalisis dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan tindakan siklus I diperoleh nilai rata-rata hasil belajar murid kelas II tergolong cukup. Hal tersebut dikarenakan penggunaan media benda konkret yang menyita waktu, sehingga untuk pelaksanaan penilaian waktunya masih kurang kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi meningkat dan terkategori baik sekali. Hal tersebut ditandai dengan keaktifan murid lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran. Murid juga menginginkan untuk mencoba ke depan kelas tanpa diminta oleh guru untuk mempraktekkan materi pembelajaran dengan menggunakan berbagai macam benda konkret. Dengan demikian, penggunaan media benda-benda konkret dapat meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan perkalian dan pembagian pada murid kelas II SD Inpres PAI I Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Oct 2023 06:24
Last Modified: 20 Oct 2023 06:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34411

Actions (login required)

View Item View Item