PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) PADA MURID KELAS V SD INPRES JONGAYA I KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR

Hj. ST. RAHMATIAH (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) PADA MURID KELAS V SD INPRES JONGAYA I KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR.

[img] Text
ST RAHMATIAH-AWAL.doc

Download (142kB)
[img] Text
ST RAHMATIAH-KOPERATIF TPS MATEM V I.doc

Download (809kB)

Abstract

Hj. St. Rahmatiah. 2012. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) pada Murid Kelas V SD Inpres Jongaya I Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Nurhaedah, S.Pd., M.Pd. dan Drs. Muslimin, M.Ed. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika murid kelas V SD Inpres Jongaya I Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) pada murid kelas V SD Inpres Jongaya I Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas model siklus yang terdiri dari 2 siklus, dan setiap siklus terdiri atas 3 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah murid kelas V sebanyak 40 orang, dan 1 guru kelas V. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan dokumentasi, selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika murid kelas V SD Inpres Jongaya I Kota Makassar pada siklus pertama dalam kategori cukup tetapi belum memenuhi ketuntasan belajar yang diharapkan, kemudian siklus kedua dalam kategori baik dan telah memenuhi ketuntasan belajar yang diharapkan. Aktivitas mengajar guru dalam pembelajaran matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe TPS diawali dengan pengajuan pertanyaan atau isu terkait dengan materi, memberi kesempatan kepada murid memikirkan jawaban, murid berpasang-pasangan untuk berdiskusi, dan hasil diskusi dibicarakan dengan pasangan seluruh kelas melalui bimbingan guru, dan ditindak lanjuti dengan kesimpulan materi pelajaran tentang operasi hitung bilangan. Sedangkan aktivitas belajar murid meningkat pada siklus kedua dibandingkan siklus pertama, meliputi: keaktifan memikirkan atau mencari jawaban atas pertanyaan guru, bekerjasama dengan temandalam berdiskusi, bertanya jawab dengan teman dan guru, serta menyimpulkan materi pelajaran. Jadi, disimpulkan bahwa hasil belajar matematika meningkat melalui pembelajaran kooperatif tipe TPS pada murid kelas V SD Inpres Jongaya I Kecamatan Tamalate Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Oct 2023 03:22
Last Modified: 20 Oct 2023 03:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34410

Actions (login required)

View Item View Item