PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI MAPPALA MAKASSAR

MUHAMMAD RIZAL RAZAK (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI MAPPALA MAKASSAR.

[img] Text
1.COVER E-TA.doc

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1 PTK HASIL.doc

Download (76kB)
[img] Text
BAB 2 PTK HASIL.doc

Download (72kB)
[img] Image
CIMG1628.JPG

Download (2MB)
[img] Image
CIMG1629.JPG

Download (2MB)

Abstract

Muhammad Rizal Razak. 2014. Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar matematika Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Mappala Makassar. Elektronik Tugas Akhir (e-TA). Dibimbing oleh Dra.Hj.Johara Nonci, M.Si. dan Dra. Erma Suryani Sahabuddin, M.Si. Program Studi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pembelajaran matematika realistik untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri Mappala Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang cara pelaksanaan pembelajaran matematika realistik dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri Mappala Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan deskriptif kualitatiff. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus, yang mana setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu: a). perencanaan, b). aksi atau tindakan, c). observasi dan d). refleksi. Fokus penelitian adalah proses pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik dan hasil belajar siswa. Adapun subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Mappala Makassar, yaitu: satu orang guru dan 18 orang siswa yang terdiri dari 9 perempuan dan 9 laki-laki. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, tes dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Data yang diperoleh berupa nilai hasil tes belajar dan hasil observasi aktivitas diolah dengan menggunakan analisis deskriptif. Kesimpulan, hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan matematika realistik dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas IV SD Negeri Mappala Makassar, pada siklus I pertemuan satu untuk proses pembelajaran oleh guru masuk kategori cukup dan siswa kategori kurang. Pada pertemuan dua keterlaksanaan proses pembelajaran oleh guru berada pada kategori cukup dan siswa berada pada kategori cukup. Pada siklus II pertemuan satu keterlaksanaan proses pembelajaran oleh guru berada pada kategori baik, dan untuk siswa berada pada kategori baik. Dan pertemuan dua keterlaksanaan proses pembelajaran oleh guru berada pada kategori sangat baik dan pada siswa berada pada kategori baik. Belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai rata – rata hasil belajar kategori cukup, dan belum mencapai indikator keberhasilan penelitian ini sehinggga dilanjutkan ke siklus II. Adapun nilai rata – rata hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan dan berada pada kategori baik, serta telah mencapai indikator keberhasilan. Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu pendekatan metematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Mappala Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Oct 2023 02:41
Last Modified: 20 Oct 2023 02:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34406

Actions (login required)

View Item View Item