Efikasi Diri dan Social Loafing Pada Tugas Akademik Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar, Skripsi, Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar

Hardyanti, Hasanuddin (2014) Efikasi Diri dan Social Loafing Pada Tugas Akademik Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar, Skripsi, Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar. S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Hardyanti Hasanuddin, 2014..docx

Download (14kB)

ABSTRAK Hardyanti Hasanuddin, 2014. Efikasi Diri dan Social Loafing Pada Tugas Akademik Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar, Skripsi, Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar. Salah satu tanggung jawab mahasiswa sebagai peserta didik di perguruan tinggi adalah, mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen. Agar waktu perkuliahan berjalan secara efektif, biasanya dosen memberikan tugas secara kelompok. Pemberian tugas secara kelompok sangat bermanfaat, tetapi ada juga hambatan yang dapat mempengaruhi efektifitas kinerja anggota kelompok. Salah satu hambatan adalah social loafing (pemalasan sosial). Fenomena social loafing dapat diminimalisir dengan cara meningkatkan efikasi diri dalam diri mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri terhadap social loafing pada tugas akademik Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menggunakan analisis inferensial yang digunakan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh efikasi diri terhadap social loafing, dengan jumlah sampel sebanyak 110 subjek. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini berupa skala. Skala yang digunakan adalah skala efikasi diri dan skala social loafing yang dikembangkan sendiri oleh penulis. Data yang dikumpulkan selanjutnya dianalisis menggunakan analisis statistik Regresi Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh efikasi diri terhadap social loafing pada tugas akademik mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar. Hal tersebut berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai R = -0,585 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p = 0,000). Nilai koefisien determinas (Rsquare) sebesar 0,343.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PSIKOLOGI > B Philosophy (General)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2016 07:16
Last Modified: 26 Apr 2016 07:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/344

Actions (login required)

View Item View Item