Meningkatkan Motivasi dan Aktivitas Belajar Matematika melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick pada Siswa Kelas X.E SMA Negeri 1 Segeri

Norjanah, Norjanah (2016) Meningkatkan Motivasi dan Aktivitas Belajar Matematika melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick pada Siswa Kelas X.E SMA Negeri 1 Segeri. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
BAB I norjanah.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB V.norjanah.docx

Download (19kB)

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar matematika pada siswa Kelas X.E SMA Negeri 1 Segeri melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe talking stick. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus, Siklus I selama 4 kali pertemuan dan Siklus II selama 3 kali pertemuan. Hasil yang diperoleh pada akhir Siklus I adalah persentase rata-rata skor motivasi belajar seluruh siswa sebanyak 64,87% dari hasil observasi dan 66,55% dari hasil angket yang diberikan kepada siswa. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar matematika siswa pada Siklus I masih berada pada kategori sedang. Adapun hasil yang diperoleh dari observasi aktivitas belajar matematika siswa pada akhir Siklus I adalah persentase rata-rata skor aktivitas belajar seluruh siswa sebanyak 54,75% yang berada pada kategori kurang aktif. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian pada Siklus I belum memenuhi indikator yang ingin dicapai, dengan demikian penelitian dilanjutkan pada Siklus II. Pada Siklus II, motivasi dan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil yang diperoleh pada akhir Siklus II adalah persentase rata-rata skor seluruh siswa dari hasil observasi sebanyak 79,81% dan dari hasil angket yang diberikan kepada siswa sebanyak 80%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa motivasi belajar matematika siswa pada Siklus II berada dalam kategori tinggi. Adapun hasil observasi yang diperoleh terkait aktivitas belajar matematika siswa pada akhir Siklus II adalah persentase rata-rata skor seluruh siswa sebanyak 72,12% yang berada pada kategori aktif. Hasil yang telah diperoleh pada Siklus II menunjukkan bahwa indikator keberhasilan yang ingin dicapai telah terpenuhi yaitu persentase rata-rata skor motivasi belajar seluruh siswa baik dari hasil observasi maupun hasil angket siswa mencapai persentase skor yang berada pada kategori tinggi dengan persentase skor lebih besar dari 70%, dan persentase rata-rata skor aktivitas belajar seluruh siswa dari hasil observasi berada pada kategori aktif atau sangat aktif yaitu berada pada interval 70% - 100%. Dengan demikian, penelitian ini dikatakan berhasil dalam meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar matematika siswa pada Kelas X.E SMA Negeri 1 Segeri dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick. Kata Kunci : Motivasi Belajar Siswa, Aktivitas Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Oct 2017 02:28
Last Modified: 13 Mar 2018 06:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3438

Actions (login required)

View Item View Item