Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT ) pada Mata Pelajaran IPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV B SD Negeri Sudirman II Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar.

Bahtiar (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT ) pada Mata Pelajaran IPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV B SD Negeri Sudirman II Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar.

[img] Text
print perbaikan skripsiku.docx

Download (3MB)

Abstract

Bahtiar. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT ) pada Mata Pelajaran IPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV B SD Negeri Sudirman II Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Widya Karmila Sari A, S.Pd.,M.Pd. dan Dr. Andi Makkasau M.Si. pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang penerapan model pembelajaran kooperatiftipe Numbered Head Together (NHT) dengan rumusan masalah yaitu bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered HeadTogether (NHT) pada mata pelajaran IPS dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV B SD Negeri Sudirman II Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar?. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran IPS dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV B SD Negeri Sudirman II Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered HeadTogether (NHT) dan hasil belajar siswa kelas IV B. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan seluruh siswa kelas IV B SD Negeri Sudirman II Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar yang berjumlah 30 orang, dengan rincian 19 siswa laki-laki dan 11. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas mengajar guru dan hasil belajar siswa kelas IV B. Aktivitas mengajar guru pada siklus I dan II berada pada kategori Baik. Aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan menjadi kategori baik pada siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori belum tuntas, sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa sudah meningkat dan berada pada kategori tuntas. Kesimpulan hasil penelitian yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV B SD Negeri Sudirman II Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Oct 2023 06:58
Last Modified: 18 Oct 2023 06:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34371

Actions (login required)

View Item View Item