PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VI SDN N0 182 INPRES BONTO-BONTO KECAMATAN MANGARABOMBANG KABUPATEN TAKALAR

HASMAWATY (2023) PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VI SDN N0 182 INPRES BONTO-BONTO KECAMATAN MANGARABOMBANG KABUPATEN TAKALAR.

[img] Text
sampul-ku.docx

Download (68kB)
[img] Text
BAB 1-3.docx

Download (69kB)
[img] Text
BAB IV- V.docx

Download (60kB)
[img] Text
RPP SIKLUS 2.rtf

Download (12MB)
[img] Text
RPP SIKLUS I.rtf

Download (23MB)

Abstract

Hasmawaty 2014. Penerapan metode problem solving dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VI SDN N0 182 Inpres Bonto-Bonto Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar. E-TA. Dibimbing oleh Dra. Hj. Nurhaedah, M.Si dan Dr. Wahira, M.Pd pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode problem solving dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VI SDN N0 182 Inpres Bonto-Bonto Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode problem solving dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VI SDN N0 182 Inpres Bonto-Bonto Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah: 1) metode problem solving dan 2) hasil belajar matematika. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VI SDN N0 182 Inpres Bonto-Bonto Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar. Tehnik pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian bahwa: Pada siklus I proses pembelajaran guru dan belajar siswa berada pada kategori cukup serta hasil belajar matematika siswa berada pada kategori cukup. Sedangkan pada siklus II proses pembelajaran guru dan belajar siswa berada pada kategori baik serta hasil belajar matematika siswa berada pada kategori sangat baik. Dengan demikian penerapan metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VI SDN N0 182 Inpres Bonto-Bonto Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Oct 2023 06:05
Last Modified: 18 Oct 2023 06:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34365

Actions (login required)

View Item View Item