PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADAMATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV BSD INPRES PERUMNAS III KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

A. PUTRI FAADILLAH R. (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADAMATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV BSD INPRES PERUMNAS III KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
halaman depan.docx

Download (2MB)
[img] Text
isi (BAB I - V).docx

Download (355kB)
[img] Text
lampiran.docx

Download (14MB)

Abstract

A. Putri Faadillah R. 2014. Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV B SD Inpres Perumnas III Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Hasaruddin Hafid, M.Ed dan Dra. Hj. Nurhinda Bakkidu, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran yang tidak efektif sehingga hasil belajar matematika siswa kelas IV B SD Inpres Perumnas III Kecamatan Rappocini Kota Makassar rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika melalui penerapan pembelajaran matematika realistik (PMR) di kelas IV B SD Inpres Perumnas III Kecamatan Rappocini Kota Makassar?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika melalui penerapan pembelajaran matematika realistik (PMR) di kelas IV B SD Inpres Perumnas III Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus di mana setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru kelas IV B dan siswa yang berjumlah 24 orang terdiri dari 15 laki-laki dan 9 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pada siklus I, belum menunjukkan ketuntasan pada aktivitas guru berada pada kategori kurang dan begitu pula pada aktivitas siswa berada pada kategori kurang. Sedangkan deskripsi ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I yaitu yang mencapai kategori tuntas sebanyak 62,50% sedangkan yang tidak tuntas 37,50%. Pelaksanaan siklus II, aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklus I yaitu berada pada kategori baik sementara aktivitas siswa juga menunjukkan peningkatan yaitu berada pada kategori baik. Sedangkan deskripsi ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus II yaitu yang mencapai kategori tuntas sebanyak 83,33% dan yang tidak tuntas 16,67%. Dengan demikian, penerapan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV B SD Inpres Perumnas III Kecamatan Rappocini Kota Makassar berhasil.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Oct 2023 05:57
Last Modified: 18 Oct 2023 05:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34364

Actions (login required)

View Item View Item