Ria Natallia (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN BENTENG III KELURAHAN BENTENG UTARA KECAMATAN BENTENG KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR.
Text
SAMPUL.docx Download (28kB) |
|
Text
HALAMAN SAMPUL.doc Download (59kB) |
|
Text
MOTTO.docx Download (13kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (15kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Download (29kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (15kB) |
|
Text
PRAKATA.docx Download (17kB) |
|
Text
DAFTAR ISI dll.docx Download (23kB) |
|
Text
BAB I - V.docx Download (2MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (209kB) |
Abstract
Ria Natalia, 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SDN Benteng III Kelurahan Benteng Utara Kecamatan Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Latri,S.Pd,M.Pd dan Dra.St Nursiah B,M.Pd Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SDN Benteng III Kelurahan Benteng Utara Kecamatan Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran matematika kelas V SDN Benteng III Kelurahan Benteng Utara Kecamatan Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Benteng III yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 7 laki-laki dan 13 perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tehnik tes, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif dan kualitatif deskriftif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V SDN Benteng III. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup, sedangkan pada siklus II hasil belajar matematika meningkat berada pada kategori sangat tinggi. Sedangkan aktivitas mengajar guru pada siklus I berada pada kategori tinggi dan meningkat pada siklus II berada pada kategori sangat tinggi. Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDN Benteng III Kelurahan Benteng Utara Kecamatan Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 18 Oct 2023 03:33 |
Last Modified: | 18 Oct 2023 03:33 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34361 |
Actions (login required)
View Item |