Pengaruh Penggunaan Video Animasi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Di SDN 156 Mattampawalie Kabupaten Bone.

Nur Annisa Asrianty (2023) Pengaruh Penggunaan Video Animasi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Di SDN 156 Mattampawalie Kabupaten Bone.

[img] Text
Artikel_Nur Annisa Asrianty_Universitas Negeri Makassar.pdf

Download (624kB)

Abstract

Nur Annisa Asrianty, 2021. Pengaruh Penggunaan Video Animasi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Di SDN 156 Mattampawalie Kabupaten Bone. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Rohana). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh video animasi pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 156 Mattampawalie. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan video animasi pembelajara, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 156 Mattampawalie Kabupaten Bone dengan jumlah siswa 21 orang. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar pada materi pokok bangun ruang kubus dan balok berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data yaitu dengan analisis statistic deskriptif dan analisis statistic inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistika inferensial diperoleh P = 0,004 lebih kecil daro α = 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pengaruh penggunaan video animasi pembelajaran berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas V di SDN 156 Mattampawalie Kabupaten Bone pada materi bangun ruang kubus dan balok.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Oct 2023 02:33
Last Modified: 18 Oct 2023 02:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34354

Actions (login required)

View Item View Item