PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV UPT SPF SD NEGERI SUDIRMAN III

Elisa (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV UPT SPF SD NEGERI SUDIRMAN III.

[img] Text
Artikel.pdf

Download (224kB)

Abstract

Elisa, 2023. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV UPT SPF Sd Negeri Sudirman III. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Hamzah Pagarra dan Siti Raihan). Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan motivasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran inquiri, untuk mengetahui gambaran motivasi belajar siswa dan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inquiri terhadap motivasi belajar siswa kelas IV UPT SPF SD Negeri Sudirman III Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi experimen dengan tipe nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IV UPT SPF SD Negeri Sudirman III Makassar dengan jumlah siswa 42 orang. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu IVA dengan jumlah 21 siswa yang di pilih dengan teknik purposive Sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi, dan angket motivasi belajar siswa. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inquiri berjalan dengan baik. Hasil analisis inferensial dengan menggunakan independen sample t-test menunjukkan terdapat perbedaan hasil angket post non test antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang berarti adanya peningkatan motivasi belajar siswa pada kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa: 1) proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran inquiri berlangsung dengan baik, 2) hasil skor angket siswa menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran; 3) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran inquiri terhadap motivasi belajar siswa kelas IV UPT SPF SD Negeri Sudirman III Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Oct 2023 02:21
Last Modified: 18 Oct 2023 02:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34351

Actions (login required)

View Item View Item