Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SDN Pao Pao Kabupaten Gowa

Fatinah Nur Waqiah (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SDN Pao Pao Kabupaten Gowa.

[img] Text
ARTIKEL- FATINAH NUR WAQIAH.pdf

Download (475kB)

Abstract

Fatinah Nur Waqiah, 2023. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SDN Pao Pao Kabupaten Gowa. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Rohana dan Muhammad Faisal) Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan rendahnya keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Pao-Pao Kabupaten Gowa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Pao-Pao Kabupaten Gowa. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus yang terdiri dari siklus I, II, dan siklus III. Setiap siklus memiliki empat tahapan meliputi, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas kelas V C SDN Pao-Pao Kabupaten Gowa pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 26 orang siswa, yang terdiri dari 14 laki-laki dan 12 perempuan. Fokus penelitian ini adalah keterampilan berbicara dan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Observasi, 2) tes, dan 3) dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu 1) mereduksi data, 2) penyajian data, dan 3) penarikan kesimpulan. Model pembelajaran koopearif tipe Think Pair Share terdapat tiga langkah yaitu Think (berpikir), Pair (berpasangan), dan Share (berbagi). Dengan model ini siswa pun dapat belajar berkelompok secara heterogen, sehingga dengan hal demikian siswa lebih aktif lagi dalam proses pembalajaran dan siswa memiliki peningkatan dalam keterampilan berbicara di kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara siswa dari siklus I dengan kategori cukup, di siklus II tetap menjadi kategori cukup, dan menjadi kategori baik di siklus III. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dapat Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SDN Pao-Pao Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Oct 2023 02:14
Last Modified: 18 Oct 2023 02:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34350

Actions (login required)

View Item View Item