EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN METODE SIMULASI PADA MATA PELAJARAN INSTALASI LISTRIK DI SMK NEGERI 8 JENEPONTO

Arniati Azis, Andi (2016) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN METODE SIMULASI PADA MATA PELAJARAN INSTALASI LISTRIK DI SMK NEGERI 8 JENEPONTO. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
JURNAL.docx

Download (2MB)

Abstract

Abstrak: Efektifitas Pembelajaran Metode Simulasi Pada mata Pelajaran Instalasi Listrik Di Smk Negeri 8 Jeneponto. Metode simulasi dengan menggunakan macromedia flash adalah metode yang membuat suatu peniriuan terhadap suatu yang nyata sehingga dapat membantu peserta didik aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah (i) Untuk mengetahui respon peserta didik terhadap pembelajaran melalui metode simulasi Macromedia flash pada mata pelajaran instalasi listrik rumah sederhana (ii) untuk mengetahui motivasi peserta didik terhadap pembelajaran melalui metode simulasi macromedia flash pada mata pelajaran instalasi listrik rumah sederhana (iii) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode simulasi macromedia flash pada mata pelajaran instalasi listrik rumah sederhana. (iv) Untuk mengetahui keefektifan pembelajaran melalui metode simulasi macromedia flash efektif pada mata pelajaran instalsi listrik rumah sederhana. Jenis penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan subjek penelitian berjumlah 40 peserta didik. Data dikumpulkan melalui angket motivasi, angket respon peserta didik dan tes hasil belajar dan dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (i) Motivasi peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode simulasi hasil belajarnya semakin meningkat dengan nilai rata-rata 100,45 (ii) respon peserta didik setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar dengan respon mendapatkan rata-rata 16,75 (iii) Hasil belajar Teknik Instalasi Tenaga Listrik peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode simulasi semakin meningkat dengan rata-rata 81,80 (v) setelah melakukan pembelajaran dengan menggunakan metode simulasi dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran peserta didik dengan ketuntasan di atas 75%. Kata kunci: Hasil belajar, Motivasi, Respon Peserta Didik, Metode Simulasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Oct 2017 02:08
Last Modified: 30 Oct 2017 02:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3435

Actions (login required)

View Item View Item