Hubungan Intensitas Penggunaan Media Sosial Terhadap Self-Efficacy Siswa UPT SPF SD Inpres Batua II Kota Makassar.

Mutmainna Yusuf (2023) Hubungan Intensitas Penggunaan Media Sosial Terhadap Self-Efficacy Siswa UPT SPF SD Inpres Batua II Kota Makassar.

[img] Text
JURNAL FIX MUTMAINNA YUSUF..pdf

Download (304kB)

Abstract

Mutmainna Yusuf 2023. Hubungan Intensitas Penggunaan Media Sosial Terhadap Self-Efficacy Siswa UPT SPF SD Inpres Batua II Kota Makassar. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Hamzah Pagarra dan Siti Raihan). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif non-eksperimen dengan metode korelasional yang bertujuan untuk 1).Mengetahui intensitas penggunaan media sosial siswa kelas tinggi UPT SPF SD INPRES BATUA II Kota Makassar, 2). Untuk mengetahui gambaran self-efficacy pada siswa kelas tinggi UPT SPF SD INPRES BATUA II Kota Makassar, 3).Untuk mengetahui hubungan intensitas penggunaan media sosial terhadap self-efficacy siswa kelas tinggi UPT SPF SD INPRES BATUA II Kota Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Media Sosial, sedangkan variabel terikatnya adalah self-efficacy siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah Semua yang termasuk siswa kelas tinggi UPT SPF SD INPRES BATUA II Kota Makassar, sedangkan sampelnya adalah 90 siswa tiap kelas tinggi UPT SPF SD INPRES BATUA II Kota Makassar yang telah terpilih melalui teknik pengambilan sampel Non-Probability Sampling dengan cara Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1).Gambaran intensitas penggunaan media sosial siswa yaitu dengan uji kategori variabel diperoleh sebanyak 77,77% (70 siswa) memiliki intensitas penggunaan media sosial sedang 2).Gambaran self-efficacy dengan uji kategori variabel diperoleh sebanyak 68,88% (62 siswa) memiliki self-efficacy sedang yaitu siswa cenderung memiliki ketekunan dalam belajar dan inisiatif dalam mengatur segala hal untuk berusaha mencapai tujuan yang ingin dicapainya, 3).Terdapat hubungan yang positif antara intensitas penggunaan media sosial dengan self-efficacy siswa kelas tinggi UPT SPF SD Inpres Batua II Kota Makassar. Teknik analisis data untuk menentukan hubungan antara kedua variabel yaitu self efficacy dan intensitas penggunaan media sosial diperoleh melalui penghitungan uji normalitas dan linearitas. Hasil pengujian menunjukkan normalitas nilai signifikansi 0,200 yaitu lebih besar dari 0,05 (0,200 0,05). Sedangkan pada uji linearitas nilai signifikan yaitu 959 lebih besar dari 0,05 dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara intensitas penggunaan media sosial dengan self-efficacy siswa kelas tinggi UPT SPF SD Inpres Batua II Kota Makassar tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Oct 2023 02:10
Last Modified: 18 Oct 2023 02:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34349

Actions (login required)

View Item View Item