FITRIANI MUCHTAR (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPA KELAS V UPT SPF SD INPRES UNGGULAN TODDOPULI KOTA MAKASSAR.
Text
Pengesahan Skripsi.pdf Download (723kB) |
Abstract
FITRIANI MUCHTAR, 2023. Pengaruh Penggunaan Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Muatan IPA Kelas V UPT SPF SD Inpres Unggulan Toddopuli Kota Makassar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Erma Suryani Sahabuddin dan Sayidiman) Penelitian ini bertujuan yaitu: (1) mengetahui gambaran penggunaan media diorama pada siswa kelas V, (2) mengetahui gambaran hasil belajar siswa pada muatan IPA kelas V, dan (3) mengetahui mengetahui pengaruh pada penggunaan media diorama terhadap hasil belajar siswa pada muatan IPA kelas V UPT SPF SD Inpres Unggulan Toddopuli Kota Makassar. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan penggunaan media diorama berjalan dengan sangat efektif. Hasil analisis inferensial dengan menggunakan independent sample t-test menunjukkan terdapat perbedaan hasil post-test antara kelas eksperimen dan kontrol yang berarti adanya peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang lebih baik daripada kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa: (1) proses pembelajaran menggunakan media diorama berlangsung sangat efektif, (2) hasil tes siswa menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada muatan IPA kelas V, dan (3) penggunaan media diorama berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada muatan IPA kelas V UPT SPF SD Inpres Unggulan Toddopuli Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 18 Oct 2023 02:05 |
Last Modified: | 18 Oct 2023 02:05 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34348 |
Actions (login required)
View Item |