PENGARUH MODEL MORAL REASONING BERBASIS VIDEO TERHADAP CIVICS SKILL SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS V SD INPRES PERUMNAS ANTANG II/I KOTA MAKASSAR

Muhammad Hamzah (2023) PENGARUH MODEL MORAL REASONING BERBASIS VIDEO TERHADAP CIVICS SKILL SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS V SD INPRES PERUMNAS ANTANG II/I KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Artikel Penelitian Hamzah.pdf

Download (188kB)

Abstract

Muhammad Hamzah. M, 2023. Pengaruh Model Moral reasoning Berbasis Video Terhadap Civic skills Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas V SD Inpres Perumnas Antang II/I Kota Makassar.. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Nurfaizah dan Muhammad Faisal). Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Designs dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui gambaran penerapan model moral reasoning berbasis video terhadap civic skills siswa SD Inpres Perumnas Antang II/I Kota Makassar, (2) Untuk mengetahui gambaran civic skills siswa kelas V SD Inpres Perumnas Antang II/I Kota Makassar, (3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model moral reasoning berbasis video terhadap civic skills siswa SD Inpres Perumnas Antang II/I Kota Makassar. Variabel bebas penelitian ini yaitu model moral reasoning berbasis video dan variabel terikatnya yaitu civic skills siswa. Populasi yang digunakan sebanyak 52 siswa, teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Perumnas Antang II/I Kota Makassar sebanyak 52 orang. Data yang dikumpulkan menggunakan instrument penelitian berupa lembar observasi, tes hasil civic skills siswa, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada pengujian hipotesis yaitu Independent Sample T-Test dengan bantuan perhitungan SPSS 25.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan model moral reasoning berbasis video terlaksana dengan kategori sangat baik (2) Civic skills siswa kelas V SD Inpres Perumnas Antang II/I Kota Makassar berada pada kategori sangat baik, serta (3) terdapat pengaruh penerapan model moral reasoning berbasis video terhadap civic skills siswa kelas V SD Inpres Perumnas Antang II/I Kota Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Oct 2023 01:58
Last Modified: 18 Oct 2023 01:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34347

Actions (login required)

View Item View Item