PENGARUH PENERAPAN METODE AUDIOLINGUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS III SDN 168 RUMPIA KECAMATAN MAJAULENG KABUPATREN WAJO

ANDI AISYAH MAHERANI (2023) PENGARUH PENERAPAN METODE AUDIOLINGUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS III SDN 168 RUMPIA KECAMATAN MAJAULENG KABUPATREN WAJO.

[img] Text
Artikel Andi Aisyah Maherani.pdf

Download (395kB)

Abstract

ANDI AISYAH MAHERANI, 2023. Pengaruh Penerapan Metode Audiolingual Terhadap Keterampilan Menyimak Siswa Kelas III SD Negeri 168 Rumpia Kecamatan Majauleng Kabupaten Wajo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Rosdiah Salam dan Muhammad Faisal). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan (1) untuk mengetahui gambaran penerapan metode Audiolingual di kelas III SD Negeri 168 Rumpia Kecamatan Majauleng Kabupaten Wajo, (2) untuk mengetahui gambaran keterampilan menyimak siswa kelas III SD Negeri 168 Rumpia Kecamatan Majauleng Kabupaten Wajo, (3) untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Audiolingual terhadap keterampilan menyimak siswa kelas III SD Negeri 168 Rumpia Kecamatan Majauleng Kabupaten Wajo. Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimenta Designs dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang digunakan sebanyak 36 siswa, teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 168 Rumpia Kecamatan Majauleng Kabupaten Wajo sebanyak 36 orang. Data yang dikumpulkan menggunakan instrument penelitian berupa lembar observasi, tes hasil keterampilan menyimak, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada pengujian hipotesis yaitu Paired Sample T-Test dengan bantuan perhitungan SPSS 25.0. Hasil pengukuran keterampilan menyimak siswa membandingkan hasil pretest dan posttest dengan menerapkan metode Audiolingual menunjukkan bahwa : (1) gambaran penerapan metode Audiolingual di kelas III SD Negeri 168 Rumpia Kecamatan Majauleng Kabupaten Wajo terlaksana dengan kategori sangat baik (2) gambaran keterampilan menyimak siswa pada pembelajaran setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan metode Audiolingual menunjukkan adanya perbedaan. Hal ini dibuktikan dengan hasil pretest dan posttest keterampilan menyimak siswa dari kategori cukup menjadi kategori baik. (3) Dengan demikian, penerapan metode Audiolingual berpengaruh terhadap keterampilan menyimak siswa kelas III SD Negeri 168 Rumpia Kecamatan Majauleng Kabupaten Wajo.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Oct 2023 01:54
Last Modified: 18 Oct 2023 01:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34346

Actions (login required)

View Item View Item