EFEKTIVITAS PENERAPAN CTL DENGAN STRATEGI REACT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X SMK GARUDAYA BONTONOMPO KABUPATEN GOWA

MAISARA AR, RESKY (2016) EFEKTIVITAS PENERAPAN CTL DENGAN STRATEGI REACT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X SMK GARUDAYA BONTONOMPO KABUPATEN GOWA. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Artikel Resky Maisara AR.docx

Download (37kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penerapan CTL dengan strategi REACT dalam pembelajaran matematika materi bangun datar siswa kelas X SMK Garudaya Bontonompo Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Garudaya Bontonompo yang terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 98 siswa dan sampel penelitian yakni kelas X Tata Busana sebagai kelas eksperimen diajarkan menggunakan Penerapan CTL dengan Strategi REACT yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pemahaman konsep, tes pemecahan masalah, lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar aktivitas siswa, lembar angket respons siswa. Data yang dikumpulkan terdiri atas data aktivitas siswa dalam pembelajaran, data respons siswa, data kemampuan pemahaman konsep matematika, data kemampuan pemecahan masalah matematika. Data aktivitas siswa dan respons siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif sedangkan data kemampuan pemahaman konsep matematika serta data kemampuan pemecahan masalah matematika dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis deskriptif dan inferensial menunjukkan bahwa penerapan CTL dengan strategi REACT efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika materi bangun datar siswa kelas X SMK Garudaya Bontonompo ditinjau dari aspek: (a) rata-rata skor pemahaman konsep matematika pada posttest lebih besar dari 74,9 (KKM) dan rata-rata skor gain ternormalisasi lebih besar dari 0,29 (kategori tinggi), (b) rata-rata skor pemecahan masalah matematika pada posttest lebih besar dari 74,9 (KKM) dan rata-rata skor gain ternormalisasi lebih besar dari 0,29 (kategori tinggi), (c) rata-rata skor aktivitas belajar siswa lebih besar dari 2,49, dan (d) rata-rata skor respons siswa lebih besar dari 3,49 (kategori positif). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan CTL dengan strategi REACT efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika materi bangun datar pada siswa kelas X SMK Garudaya Bontonompo Kabupaten Gowa. Kata kunci: CTL dengan Strategi REACT, matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Oct 2017 02:05
Last Modified: 13 Mar 2018 07:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3434

Actions (login required)

View Item View Item