Hubungan Penggunaan Model Pembelajaran Blended Learning terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Usia 5- 6 Tahun di TKIT Wahdah Islamiyah 01 Makassar

Alfiatun Nisaa’ Khirah Zaafirah (2023) Hubungan Penggunaan Model Pembelajaran Blended Learning terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Usia 5- 6 Tahun di TKIT Wahdah Islamiyah 01 Makassar.

[img] Text
KONSEP MULTIPLE INTELEGENCES PERSPEKTIF HOWARD GARDNER PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI.pdf

Download (377kB)

Abstract

Alfiatun Nisaa’ Khirah Zaafirah, 2022. Hubungan Penggunaan Model Pembelajaran Blended Learning terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Usia 5- 6 Tahun di TKIT Wahdah Islamiyah 01 Makassar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar (Dibimbing oleh Herman dan Rusmayadi). Rumusan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana penerapan model pembelajaran blended learning yang dilakukan di TKIT Wahdah Islamiyah 01 Makassar, (2) bagaimana gambaran motivasi belajar peserta didik usia 5-6 tahun di TKIT Wahdah Islamiyah 01 Makassar, (3) adakah hubungan model pembelajaran blended learning terhadap motivasi belajar peserta didik usia 5-6 tahun di TKIT Wahdah Islamiyah 01 Makassar. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran blended learning yang dilakukan di TKIT Wahdah Islamiyah 01 Makassar, (2) untuk mengetahui gambaran motivasi belajar peserta didik usia 5-6 tahun di TKIT Wahdah Islamiyah 01 Makassar, (3) untuk mengetahui ada tidaknya hubungan model pembelajaran blended learning terhadap motivasi belajar peserta didik usia 5-6 tahun di TKIT Wahdah Islamiyah 01 Makassar. Peneliti memilih populasi sebanyak 71 peserta didik dan sampel sebanyak satu kelas, yaitu kelas B3 yang berjumlah 15 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi sebanyak 8 butir pernyataan dan lembar angket yang berjumlah 11 butir pernyataan. Lembar observasi berisikan pernyataan mengenai gambaran penerapan model pembelajaran blended learning, sementara angket yang diberikan berisikan pernyataan yang menggambarkan motivasi belajar peserta didik. Dari data analisis yang diperoleh rata-rata skor untuk model pembelajaran blended learning yang dilaksanakan oleh guru sebesar 21,60 dan rata-rata skor motivasi belajar peserta didik sebesar 19,73. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif untuk memberikan gambaran terhadap subjek yang diteliti. Pengujian normalitas data menggunakan uji one sample shapiro-wilk test. Diperoleh uji korelasi rank spearman sebesar 0,839 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan pengg

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Oct 2023 08:08
Last Modified: 13 Oct 2023 08:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34338

Actions (login required)

View Item View Item