Persepsi Siswa Terhadap Layanan Tenaga Tata Usaha di UPT SMA Negeri 1 Pinrang.

Sitti Rachmah (2023) Persepsi Siswa Terhadap Layanan Tenaga Tata Usaha di UPT SMA Negeri 1 Pinrang.

[img] Text
JURNAL_SITTI RACHMAH_UNM (1).pdf

Download (314kB)

Abstract

Sitti Rachmah, 2023. Persepsi Siswa Terhadap Layanan Tenaga Tata Usaha di UPT SMA Negeri 1 Pinrang. Yang Dibimbing oleh Bapak Muhammad Ardiansyah dan Irmawati. Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang persepsi siswa terhadap layanan tenaga tata usaha di UPT SMA Negeri 1 Pinrang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran persepsi siswa terhadap layanan tenaga tata usaha di UPT SMA Negeri 1 Pinrang dapat dilihat dari enam indikator pengukuran kualitas layanan yaitu kemampuan (ability), sikap (attitude), penampilan (appearance), perhatian (attention), tindakan (action) dan tanggung jawab (accountability). Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode survey. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pinrang dengan jumlah sampel 81 siswa ditetapkan dengan teknik pengambilan sampel yakni Purposive Sampling dengan menggunakan rumus Slovin. Uji validitas instrumen penelitian menggunakan Product Moment dan uji realibilitas menggunakan Cronbach Alpha. Pengembangan instrumen melalui validator ahli oleh dosen pembimbing dan dosen yang dipercayakan. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner dengan responden siswa kelas XI UPT SMA Negeri 1 Pinrang. Metode pengumpulan data berupa observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap layanan tenaga tata usaha di UPT SMA Negeri 1 Pinrang dilihat dari enam indikator adalah sebagai berikut: (1) Kemampuan (ability) berada dalam kategori baik, persentase tertinggi diraih oleh pernyataan tenaga tata usaha memberikan layanan ide atau gagasan baru. (2) Sikap (attitude) berada dalam kategori baik, persentase tertinggi diraih oleh pernyataan tenaga tata usaha mampu memberikan layanan prima. (3) Penampilan (appearance), persentase tertinggi diraih oleh pernyataan tenaga tata usaha jujur dalam memberikan informasi. (4) Perhatian (attention), persentase tertinggi diraih oleh pernyataan tenaga tata usaha menghargai pendapat orang lain. (5) Tindakan (action), persentase tertinggi diraih oleh pernyataan tenaga tata usaha dapat membuat layanan system informasi dan pelaporan administrasi siswa. (6) Tanggung jawab (accountability), persentase tertinggi diraih oleh pernyataan tenaga tata usaha bersikap objektif dan adil dalam pemberian layanan kepada siswa. Hasil dari keseluruhan indikator berada dalam kategori sangat baik.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Oct 2023 07:59
Last Modified: 13 Oct 2023 07:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34337

Actions (login required)

View Item View Item