Kualitas Layanan Administrasi Akademik Terhadap Kepuasan Kerja di SMA Negeri 9 Makassar

DINI AZZAHRA (2023) Kualitas Layanan Administrasi Akademik Terhadap Kepuasan Kerja di SMA Negeri 9 Makassar.

[img] Text
Artikel Pedagogi Dini Azzahra.pdf

Download (412kB)

Abstract

DINI AZZAHRA, 2023. Kualitas Layanan Administrasi Akademik Terhadap Kepuasan Kerja di SMA Negeri 9 Makassar. Yang dibimbing langsung oleh Sumarlin Mus, S.Pd, M.Pd dan Irmawati, S.Pd, M.Pd. Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan administrasi akademik terhadap kepuasan siswa di SMA Negeri 9 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode regresi linear sederhana dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ex-post facto dengan jumlah sampel 264 siswa yang ditetapkan dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner dengan responden siswa. Pengembangan instrumen melalui validator ahli oleh dosen pembimbing dan dosen yang dipercayakan. Analisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menggunakan analisis deskriptif menunjukkan hasil berikut: (1) Kualitas layanan administrasi akademik di SMA Negeri 9 Makassar dalam kategori cukup baik karena kondisi ruangan pelayanan rapih dan bersih, staf administrasi akademik sigap dalam memberikan pelayanan kepada siswa, cukup bertanggung jawab, cukup menguasai tugasnya, selalu menawarkan siswa layanan yang sama tanpa memandang status sosial, dan siswa tidak perlu menunggu lama ketika meminta pelayanan namun saat staf memiliki banyak pekerjaan biasanya staf menyuruh siswa untuk datang kembali nantinya, (2) Kepuasan siswa di SMA Negeri 9 Makassar termasuk dalam kategori cukup baik karena layanan yang siswa minta cukup memenuhi kebutuhan serta keinginannya, siswa menceritakan pengalamannya saat mendapat layanan kepada temannya dan merekomendasikan temannya untuk melakukan layanan yang sama agar juga merasakan keuntungan yang dirasakannya, siswa cenderung melakukan layanan kembali karena merasa butuh untuk mendapatkan layanan lagi, dan (3) Hasil penelitian menggunakan analisis inferensial dengan menggunakan persamaan regresi linear sederhana menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas layanan administrasi akademik dengan kepuasan siswa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Oct 2023 07:36
Last Modified: 13 Oct 2023 07:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34332

Actions (login required)

View Item View Item