Supervisi Klinis Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Mengajar Guru di SMAN 2 Toraja Utara. Skripsi ini

YULIANA PATANDUK (2023) Supervisi Klinis Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Mengajar Guru di SMAN 2 Toraja Utara. Skripsi ini.

[img] Text
Artikel Jurnal Yuliana P.pdf

Download (203kB)

Abstract

YULIANA PATANDUK,2023. Supervisi Klinis Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Mengajar Guru di SMAN 2 Toraja Utara. Skripsi ini dibimbing oleh Dr. Ansar, M.Si dan Syamsurijal Basri, S.Pd, M.Pd; Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang pelaksanaan supervisi klinis kepala sekolah kepada guru yang mengalami kendala dalam mengajar di SMAN 2 Toraja Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan supervisi klinis yang dilakukan oleh kepala sekolah dan untuk mengetahui apa saja faktor yang mendukung maupun menghambat pelaksanaan supervisi klinis di SMAN 2 Toraja Utara. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif . penelitian ini dilaksanakan di SMAN 2 Toraja Utara, kota Rantepao. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru yang di supervisi. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi klinis kepala sekolah di SMAN 2 Toraja Utara dilaksanakan dalam tiga tahapan yaitu; Tahap Pertemuan Awal dimana guru dan kepala sekolah bersama-sama membahas terkait permasalahan yang dialami guru dalam mengajar dan membuat kesepakatan bersama tentang aspek yang menjadi kendala guru; Tahap Observasi Kelas dimana guru melakukan kegiatan belajar mengajar di kelas dan supervisor masuk ke dalam kelas tersebut mengamati proses berjalannya pembelajaran dengan mambawa alat bantu berupa instrumen observasi; Pertemuan Balikan Dan Analisis Data dimana guru dan supervisor bersama-sama menganalisis proses belajar mengajar yang telah diamati dan membuat tindak lanjut. Pelaksanaan supervisi klinis di SMAN 2 Toraja Utara dilaksanakan karena adanya keinginan dari guru yang mengalami kendala dalam mengajar untuk disupervisi, serta kepala sekolah sebagai supervisor. Proses pelaksanaan supervisi klinis memiliki kendala dalam alokasi waktu pelaksanaan supervisi yang singkat

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Oct 2023 07:19
Last Modified: 13 Oct 2023 07:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34329

Actions (login required)

View Item View Item