“Hubungan Motivasi Belajar dengan Kreativitas Belajar Peserta Pelatihan Menjahit di UPTD BLK (Balai Latihan Kerja) Kecamatan Tana Lili Kabupaten Luwu Utara”

YUAN RIKA ALHASA (2023) “Hubungan Motivasi Belajar dengan Kreativitas Belajar Peserta Pelatihan Menjahit di UPTD BLK (Balai Latihan Kerja) Kecamatan Tana Lili Kabupaten Luwu Utara”.

[img] Text
Jurnal Yuan Rika Alhasa_1942042006.pdf

Download (215kB)

Abstract

YUAN RIKA ALHASA, 2023. “Hubungan Motivasi Belajar dengan Kreativitas Belajar Peserta Pelatihan Menjahit di UPTD BLK (Balai Latihan Kerja) Kecamatan Tana Lili Kabupaten Luwu Utara”. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar, (dibimbing oleh Muhaemin B dan Muhammad Asri) Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui motivasi belajar peserta pelatihan menjahit, kreativitas belajar peserta pelatihan menjahit dan hubungan motivasi belajar dengan kreativitas belajar peserta pelatihan menjahit di UPTD BLK (Balai Latihan Kerja) Kecamatan Tana Lili Kabupaten Luwu Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis data korelasional. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah motivasi belajar, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah kreativitas belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta pelatihan menjahit di BLK Kecamatan Tana Lili Kabupaten Luwu Utara yang berjumlah 30 orang. Pada penelitian ini tidak ditarik sampel karena merupakan penelitian populasi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Motivasi belajar peserta pelatihan menjahit berada pada kategori baik. 2) Kreativitas belajar peserta pelatihan menjahit berada pada kategori baik. 3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan kreativitas belajar peserta pelatihan menjahit di UPTD BLK (Balai Latihan Kerja) Kecamatan Tana Lili Kabupaten Luwu Utara

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Oct 2023 07:10
Last Modified: 13 Oct 2023 07:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34328

Actions (login required)

View Item View Item