Hubungan Antara Partisipasi Warga Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket C Kelas XII Binaan UPT SPNF Sanggar Kegiatan (SKB) Daratan Kabupaten Kepulauan Selayar

AMINARTI NUR ISKANDAR (2023) Hubungan Antara Partisipasi Warga Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket C Kelas XII Binaan UPT SPNF Sanggar Kegiatan (SKB) Daratan Kabupaten Kepulauan Selayar.

[img] Text
Jurnal Aminarti Nur Iskandar.pdf

Download (705kB)

Abstract

AMINARTI NUR ISKANDAR, 2023. Hubungan Antara Partisipasi Warga Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket C Kelas XII Binaan UPT SPNF Sanggar Kegiatan (SKB) Daratan Kabupaten Kepulauan Selayar. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Ibu Kartini Marzuki dan Ibu Fatmawati Gaffar) Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui Tingkat Partisipasi Warga Belajar, Hasil Belajar dan hubungan antara Partisipasi Warga Belajar dengan Hasil Belajar pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket C Kelas XII Binaan UPT SPNF Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Daratan Kabupaten Kepulauan Selayar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah partisipasi warga belajar, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh warga belajar paket C kelas XII binaan di UPT SPNF SKB Daratan Kabupaten Kepulauan Selayar yang berjumlah 58 orang. Pada penelitian ini tidak ditarik sampel karena merupakan penelitian populasi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument berupa angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) tingkat partisipasi warga belajar paket C kelas XII berada pada kategori sangat baik. (2) Hasil belajar dari nilai rata-rata ulangan tengah semester warga belajar paket C kelas XII berada pada kategori baik. (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara partisipasi warga belajar dengan hasil belajar pada program pendidikan kesetaraan paket C kelas XII binaan UPT SPNF SKB Daratan Kabupaten Kepulauan Selayar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Oct 2023 06:45
Last Modified: 13 Oct 2023 06:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34326

Actions (login required)

View Item View Item