Pengembangan Multimedia pada Mata Pelajaran Bahasa Indoneisakelas VIII SMP Negeri 4 Nanggala Satap.

ARISUGIANTO LAMBA (2023) Pengembangan Multimedia pada Mata Pelajaran Bahasa Indoneisakelas VIII SMP Negeri 4 Nanggala Satap.

[img] Text
SKRIPSI ARISUGIANTO LAMBA .pdf

Download (2MB)

Abstract

ARISUGIANTO LAMBA, 2022, Pengembangan Multimedia pada Mata Pelajaran Bahasa Indoneisakelas VIII SMP Negeri 4 Nanggala Satap. Skripsi ini dibimbing oleh ibu Dr. Arnidah, S.Pd, M.Si. dan Dr. Farida Febriati, S. S, M.Si.; Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah ketidaksesuaian media pembelajaran dengan karakteristik mata pelajaran dapat menimbulkan rendahnya efektivitas proses dan pencapaian tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menganalisis tingkat kebutuhan multimedia pada Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa kelas VIII di SMP Negeri 4 Nanggala Satap, 2) Mendesain multimedia pada Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa kelas VIII di SMP Negeri 4 Nanggala Satap, 3) Mengukur tingkat validitas dan kepraktisan multimedia dengan menggunakan Biteable pada Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Nanggala Satap. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan yaitu model 4D (four D Models) Thiagarajan yang kemudian diadaptasi menjadi 3D sebab pertimbangan waktu dan biaya jika melalui tahap disseminate. Model ini cocok digunakan untuk mengembangkan multimedia berbasis Biteable sebab model ini memiliki langkah-langkah yang terperinci. Adapun tahapan-tahapan dalam pengembangan ini meliputi: pendefenisian (define), desain (design), dan pengembangan (Development). Subjek dalam penelitian ini adalah 20 orang siswa kelas VIII, dua orang validator yang terdiri dari ahli konten Bahasa Indonesia dan ahli media pembelajaran. Adapun teknik pengumpulan data yaitu: dokumentasi, observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif Kualitatif, dan Analisis Statistik Deskriptif. Hasil penelitian ini: 1) tingkat kebutuhan multimedia dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa pada kategori sangat tinggi, 2) berdasarkan analisis hasil validasi oleh ahli konten dan ahli media diperoleh data bahwa multimedia berbasis aplikasi Biteable pada kategori valid untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. 3) Hasil dari uji coba kelompok kecil, hasil uji coba kelompok besar, dan tanggapan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, diperoleh data bahwa multimedia berbasis aplikasi Biteable yang dikembangkan pada kategori praktis digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Oct 2023 06:30
Last Modified: 13 Oct 2023 06:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34324

Actions (login required)

View Item View Item