Gambaran Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di SMPN 6 Makassar

Hajriatul Fadhilah (2023) Gambaran Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di SMPN 6 Makassar.

[img] Text
ARTIKEL_HAJRIATUL FADHILAH.pdf

Download (666kB)

Abstract

Hajriatul Fadhilah. 2023. Gambaran Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di SMPN 6 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. H. Abd. Haling, M.Pd dan Dr. Faridah Febriati, S.S., M.Si. Program Studi Teknologi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Kurikulum Merdeka Belajar adalah kurikulum yang mengacu pada pertumbuhan bakat dan minat peserta didik dengan pendekatan pembelajaran berbasis projek. Didalam kurikulum merdeka belajar terdapat projek penguatan profil pelajar pancasila yang bertujuan untuk menanamkan serta mengimplementasikan nilai�nilai Pancasila pada peserta didik dengan konsep 7 tema yang telah ditetapkan oleh Kemendikbudristek, 7 tema tersebut yaitu Gaya Hidup Berkelanjutan, Kearifan Lokal, Bhinneka Tunggal Ika, Bangunlah Jiwa dan Raganya, Suara Demokrasi, Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI, dan Kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mengetahui projek penguatan profil pelajar pancasila, 2) Untuk mengetahui tanggapan kepala sekolah dan guru tentang projek penguatan profil pelajar pancasila pada kurikulum merdeka belajar di SMPN 6 Makassar, 3) Untuk mengetahui pengetahuan siswa tentang projek penguatan profil pelajar pancasila. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis model Miles dan Huberman atau proses analisis data yang tidak melibatkan atau berbentuk angka. Penelitian ini mengemukakan bahwa aktivitas dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsungnya secara terus menerus sampai tuntas, sehingga datanya jenuh. Aktivitas dalam analisis data dengan 3 (tiga) tahapan yaitu; 1) Data Reduction, 2) Data Display, 3) Conclusion Drawing. Penelitian ini dilakukan di SMPN 6 Makassar. Subjek dari penelitian ini siswa kelas VII yang di pilih secara random sampling dengan 4 siswa. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara tertutup dan terbuka serta studi dokumentasi pendukung dalam penelitian ini. Metode analisis data terdiri atas analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa projek penguatan profil pelajar pancasila pada penerapan kurikulum merdeka belajar di SMPN 6 Makassar menunjukkan bahwa: Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila hanya diberlakukan di kelas tujuh (VII) di SMPN 6 Makassar pada tahun ajaran 2022-2023 dan telah diketahui serta diterapkan oleh siswa kelas tujuh (VII) SMPN 6 Makssar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Oct 2023 06:23
Last Modified: 13 Oct 2023 06:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34323

Actions (login required)

View Item View Item