Analisis Proses Pembelajaran pada Mata Pelajaran Prakarya UPTD SMP Negeri 4 Bantimurung Kabupaten Maros. Skripsi

Chery Yan Anugrah (2023) Analisis Proses Pembelajaran pada Mata Pelajaran Prakarya UPTD SMP Negeri 4 Bantimurung Kabupaten Maros. Skripsi.

[img] Text
43025-107575-1-PB.pdf

Download (236kB)

Abstract

Chery Yan Anugrah, 2023. Analisis Proses Pembelajaran pada Mata Pelajaran Prakarya UPTD SMP Negeri 4 Bantimurung Kabupaten Maros. Skripsi. Prodi Teknologi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Dr. Citra Rosalyn Anwar, S.Sos., M.Si dan Merrisa Monoarfa, S.Pd., M.Pd) Penelitian ini menganalisis proses pembelajaran pada mata pelajaran Prakarya di UPTD SMP Negeri 4 Bantimurung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran mata pelajaran Prakarya. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di UPTD SMP Negeri 4 Bantimurung, semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Sumber data penelitian ini adalah guru mata pelajaran Prakarya, siswa-siswi kelas VIII dengan menentukan sendiri subjek penelitian melalui kriteria yang telah ditentukan oleh peneliti yaitu bersedia melakukan wawancara, guru Prakarya dan siswa-siswi yang aktif mengikuti pembelajaran Prakarya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian melalui proses observasi dan wawancara terhadap guru mata pelajaran Prakarya, 2 siswi kelas VIII A, 2 siswi kelas VIII B dan 2 siswa kelas VIII C yang dilakukan pada tanggal 22 Agustus 2022 bahwa proses pembelajaran yang dilakukan guru telah menerapkan ketiga kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan RPP yang dimiliki adalah kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup, namun masih ditemukan kekurangan di dalam pelaksanaan proses pembelajaran tersebut antara lain guru terkadang hanya menginstruksikan langsung kepada siswa mencatat pokok-pokok pembahasan materi, penjelasan materi langsung yang akan dipelajari, kurang memadainya alat dan bahan untuk pelaksanaan praktik pembelajaran serta guru mata pelajaran Prakarya yang bukan dari latar belakang pendidikan keahliannya. Evaluasi yang dilakukan guru dengan memberikan tugas baik yang ada pada buku cetak dan langsung dari guru. Hambatan selama proses pembelajaran berlangsung bahwa kurang memadainya alat dan bahan untuk pelaksanaan praktik serta minat siswa mengikuti pelajaran. Solusi yang dilakukan oleh guru dengan menampilkan video pembelajaran dan menginstruksikan kepada siswa untuk menganalisis video pembelajaran yang ditampilkan

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Oct 2023 06:19
Last Modified: 13 Oct 2023 06:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34322

Actions (login required)

View Item View Item