PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS I SDN AMASI KECAMATAN WASUPONDA KABUPATEN LUWU TIMUR

VICKY YUDRIKA ARIFIN (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS I SDN AMASI KECAMATAN WASUPONDA KABUPATEN LUWU TIMUR.

[img] Text
sampul depan.docx

Download (24kB)
[img] Text
Sampul dan kawan2l.doc

Download (88kB)
[img] Text
SKRIPSI OKK.docx

Download (72kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (230kB)
[img] Text
lampiran foto.docx

Download (2MB)
[img] Text
dAFTAR Riwayat Hidup.docx

Download (100kB)

Abstract

Vicky Yudrika Arifin, 2014. Pengaruh Penggunaan Media Gambar terhadap Kemampuan Membaca Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I SDN 253 Amasi KecamatanWasuponda Kabupaten Luwu Timur. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Wahira, M.Pd dan Drs. Lutfi B, M.Kes. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penggunaan media gambar terhadap kemampuan membaca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I SDN Amasi KecamatanWasuponda KabupatenLuwu Timur Sorowako. Tahun pelajaran 2013/2014. Berdasarkan permasalahan di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media gambar terhadap kemampuan membaca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I SDN Amasi kecamatanWasuponda kabupatenLuwu Timur. Tahun Pelajaran 2013/2014. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Variabel penelitian yaitu penggunaan media gambar (X) dan kemampuan membaca (Y). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas Ia yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas Ib dengan jumlah 26 siswa sebagai kelas control di SDN Amasi kecamatanWasuponda kabupatenLuwu Timur. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif berupa persentase dari tes hasil belajar dan observasi yang dianalisis secara kuantitatif dan analisis inferensial yaitu uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang lebih besar pada kelas yang diberi perlakuan (treatmen) dengan kelas yang tidak diberi perlakuan (treatmen) pada siswa kelas I SDN Amasi kecamatanWasuponda kabupatenLuwu Timur. Tahun Pelajaran 2013/2014. .

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Oct 2023 02:24
Last Modified: 13 Oct 2023 02:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34310

Actions (login required)

View Item View Item