Pengaruh Media Sandpaper Letters Terhadap Pembelajaran Mengenal Huruf Anak Autis SLB Negeri 1 Gowa.

Imam Wahyudi (2023) Pengaruh Media Sandpaper Letters Terhadap Pembelajaran Mengenal Huruf Anak Autis SLB Negeri 1 Gowa.

[img] Text
Jurnal Imam Wahyudi.pdf

Download (570kB)

Abstract

Imam Wahyudi, 2023. Pengaruh Media Sandpaper Letters Terhadap Pembelajaran Mengenal Huruf Anak Autis SLB Negeri 1 Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Dra.Tatiana Meidina, M.Si dan Dr. Bastiana, M.Si; Jurusan Pendidikan Khusus, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang kemampuan Mengenal Huruf Anak Autis Kelas 2 SLB Negeri 1 Gowa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah pengaruh penggunaan media sandpaper letters terhadap pembelajaran mengenal huruf anak autis SLB Negeri 1 Gowa?” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui:1) Kemampuan mengenal huruf pada anak autis di SLB Negeri 1 Gowa pada kondisi sebelum diberikan perlakuan. 2) Penggunaan media Sandpaper letters untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak autis SLB Negeri 1 Gowa pada kondisi selama diberi perlakuan. 3) Kemampuan mengenal huruf pada anak autis di SLB Negeri 1 Gowa pada kondisi sebelum diberikan perlakuan. 4) Perbandingan kemampuan mengenal huruf pada anak autis di SLB Negeri 1 Gowa sebelum dan setelah diberikan perlakuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang anak autis kelas II di SLB Negeri 1 Gowa berinisial AED. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B�A. Kesimpulan penelitian ini : 1) Kemampuan mengenal huruf permulaan subjek (AED) sebelum diberikan perlakuan kategori masih sangat rendah, 2) Penggunaan Sandpaper letters untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf subjek (AED) selama diberikan perlakuan kategori sangat tinggi, 3) Kemampuan mengenal huruf subjek (AED) setelah diberikan perlakuan kategori tinggi, 4) Perbandingan kemampuan mengenal huruf Subjek (AED) sebelum dan setelah diberikan perlakuan menunjukkan perubahan peningkatan dari kategori sangat rendah, meningkat menjadi kategori sangat tinggi dan dari kategori sangat tinggi menjadi kategori tinggi. Dengan demikian kemampuan setelah diberikan perlakuan murid menurun, akan tetapi nilai yang diperoleh murid lebih tinggi dibandingkan sebelum diberikan perlakuan

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Oct 2023 07:55
Last Modified: 12 Oct 2023 07:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34308

Actions (login required)

View Item View Item