Penerapan Metode Analisis tugas dalam Meningkatkan Kemampuan Bina Diri Mencuci Tangan Murid Down Syndrome SLB Negeri 2 Jeneponto.

MUH.ANDI AKBAR (2023) Penerapan Metode Analisis tugas dalam Meningkatkan Kemampuan Bina Diri Mencuci Tangan Murid Down Syndrome SLB Negeri 2 Jeneponto.

[img] Text
PJE 2021 (MUH ANDI AKBAR).docx

Download (136kB)

Abstract

MUH.ANDI AKBAR 2021 Penerapan Metode Analisis tugas dalam Meningkatkan Kemampuan Bina Diri Mencuci Tangan Murid Down Syndrome SLB Negeri 2 Jeneponto. Skripsi. Dibimbing oleh Dr,Purwaka Hadi M.Si,dan Dr. Usman, M.Si. Program Studi Pendidikan Khusus, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah penelitian ini adalah kemampuan bina diri dalam mencuci tangan pada murid down syndrome di SLB Negeri 2 Jeneponto yang masih sangat rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah peningkatan kemampuan bina diri dalam mencuci tangan melalui penerapan metode analisis tugas pada murid Down Syndrome”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Kemampuan bina diri dalam mencuci tangan pada murid down syndrome sebelum penerapan metode Analisis tugas (A1). 2) Kemampuan bina diri mencuci tangan pada murid down syndrome pada fase penerapan metode analisis tugas (B). 3) Kemampuan bina diri mencuci tangan pada murid down syndrome setelah penerapan metode analisis tugas (A2). 4.) Perbandingan kemampuan bina diri mencuci tangan pada murid down syndrome pada fase sebelum penerapan metode analisis tugas (A1), ke fase saat penerapan metode analisis tugas (B) dan fase setelah penerapan metode analisis tugas (A2). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang murid down syndrome kelas IV di SLB Negeri 2 Jeneponto berinisial ID. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan subjek tunggal (Single Subject Research/SSR) dengan desain penelitian A-B-A. Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu kemampuan bina diri mencuci tangan 1) pada kondisi baseline 1 (A1) kurang mampu 2) pada kondisi intervensi (B) mengalami peningkatan menjadi sangat mammpu3) pada kondisi baseline 2 (A2) sangat mampu 4) analisis antar kondisi tidak terjadi data tumpang tindih, menunjukkan perubahan peningkatan yang signifikan dari kategori sangat rendah meningkat menjadi kategori tinggi. Secara Empiris Penelitian ini menemukan bahwa peneapan metode analisis tugas memberi pengaruh positif terhadap kemampuan bina diri dalam mencuci tangan pada murid Down Syndrome kelas IV di SLB Negeri 2 Jeneponto.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Oct 2023 07:51
Last Modified: 12 Oct 2023 07:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34307

Actions (login required)

View Item View Item