Penggunaan Scramble Dalam Meningkatkan Kemampuan Menyusun Kalimat Anak Tunarungu kelas IV di SLB B YPPLB Makassar.

Nurfitriah Ilham (2023) Penggunaan Scramble Dalam Meningkatkan Kemampuan Menyusun Kalimat Anak Tunarungu kelas IV di SLB B YPPLB Makassar.

[img] Text
JURNAL NURFITRIAH ILHAM (1745041033).pdf

Download (1MB)

Abstract

Nurfitriah Ilham, 2023. Penggunaan Scramble Dalam Meningkatkan Kemampuan Menyusun Kalimat Anak Tunarungu kelas IV di SLB B YPPLB Makassar. Skripsi ini di bimbing oleh Dra. Dwiyatmi Sulasminah, M.Pd dan Dr. Mustafa, M.Si. jurusan Pendidikan Khusus, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan menyusun kalimat anak tunarungu masih rendah. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana kemampuan menyusun kalimat pada anak tunarungu sebelum penggunaan scramble?, 2) Bagaimana kemampuan menyusun kalimat pada anak tunarungu saat penerapan scramble?,3)Bagaimana kemampuan menyusun kalimat pada anak tunarungu setelah penerapan scramble?, 4) Apakah terjadi peningkatan kemampuan menyusun kalimat sederhana pada anak tunarungu setelah penggunaan scramble?. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui kemampuan menyusun kalimat pada anak tunarungu kelas kelas IV sebelum penggunaan scramble. 2) untuk mengetahui kemampuan menyusun kalimat pada anak tunarungu kelas IV saat penggunaan scramble. 3) untuk mengetahui kemampuan menyusun kalimat pada anak tunarungu kelas IV setelah penggunaan scramble.4) terjadi peningkatan kemampuan menyusun kalimat sederhana pada anak tunarungu kelas melalui penggunaan scramble. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan menyusun kalimat anak tunarungu kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan, adapun responden dalam penelitian ini adalah anak tunarungu kelas IV berjumlah 1 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan nilai kategori yang mulanya sangat rendah menjadi kategori sangat tinggi pada hasil kemampuan menyusun kalimat pada anak, artinya dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hasil kemampuan menyusun kalimat pada anak tunarungu kelas IV dapat ditingkatkan melalui penggunaan Scramble.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Oct 2023 07:40
Last Modified: 12 Oct 2023 07:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34304

Actions (login required)

View Item View Item