Peningkatan kemampuan penguasaan kosakata menggunakan media kartukata (flashcard) pada Siswa Tunarungu Kelas V di SLBN 1 Barru.

ASRIAL AMIN (2023) Peningkatan kemampuan penguasaan kosakata menggunakan media kartukata (flashcard) pada Siswa Tunarungu Kelas V di SLBN 1 Barru.

[img] Text
PJE Asrial Amin (1845042019).pdf

Download (911kB)

Abstract

ASRIAL AMIN, 2023. Peningkatan kemampuan penguasaan kosakata menggunakan media kartukata (flashcard) pada Siswa Tunarungu Kelas V di SLBN 1 Barru. Penyelesaian skripsi ini dibimbing oleh Dra. Hj. Kasmawati, M.Si dan Dr. Mustafa, M.Si. Jurusan Pendidikan Khusus, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan penguasaan kosakata pada siswa tunarungu kelas V di SLBN. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Kemampuan penguasaan kosakata menggunakan media kartukata (flashcard) pada siswa tunarungu sebelum diberi Intervensi (Baseline 1/A1), (2) Kemampuan penguasaan kosakata menggunakan media kartukata (flashcard) pada siswa tunarungu selama diberi Intervensi (Intervensi/B), (3) Kemampuan penguasaan kosakata menggunakan media kartukata (flashcard) pada siswa tunarungu setelah diberi Intervensi (Baseline 2/A2), (4) Mengetahui peningkatan penguasaan kosakata menggunakan media kartukata (Flashcard) setelah berdasarkan hasil analisis antar kondisi sebelum diberi intervensi (Baseline 1/A1), saat diberi intervensi (B) dan setelah diberi intervensi (Baseline 2/A2). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan. Subjek penelitian ini adalah satu orang siswa tunarungu kelas V di SLBN 1 Barru. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan media kartu kata (flash card) dapat meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata anak tunatungu di kelas V

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Oct 2023 07:26
Last Modified: 12 Oct 2023 07:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34302

Actions (login required)

View Item View Item